Akses Jalan Menuju Jembatan Musi Vl Belum Beres Pengerjaannya

Para pekerja saat melakukan finishing pekerjaan Jembatan Musi VI.

Palembang, Sumselupdate.com – Jembatan Musi VI yang menghubungkan seberang hilir dan hulu Kota Palembang, yaitu Kawasan Tangga Buntung dan Seberang Ulu 1 Palembang, rencananya diresmikan 30 Desember 2020.

Namun dua hari menjelang peresmian dan fungsional jembatan sepanjang 925 meter tersebut, masih menyisakan PR, pasalnya akses jalan menuju ke Jembatan Musi VI dari kawasan Seberang Ulu 1 belum beres pengerjaannya.

Bacaan Lainnya

Kondisi akses jalan tersebut masih jalan tanah, belum dilakukan pengaspalan.

Kepala Dinas PUBM TR  Darma Budhy mengatakan, rencananya jembatan Musi VI akan diresmikan pada 30 Desember pukul 19.30 WIB.

Dia mengakui, akses jalan penghubung ke jembatan dari kawasan Seberang Ulu Palembang belum selesai. Menurutnya, anggaran yang disiapkan baru sebatas penimbunan.

“Belum, biayanya hanya sebatas penimbunan,” kata Darma  Budhy.

Meski demikian peresmian akan tetap dilakukan pihaknya, dengan memanfaatkan Jalan Faqih Usman.

“Ada jalan Faqih Usman,” singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, Jembatan Musi VI telah dilakukan uji beban dengan menjejerkan 24 dump truk berkapasitas 40 ton per unit di atas bentang jembatan pada Selasa (22/12/2020) lalu. Hasil uji beban ini baru dapat diketahui setelah satu hingga dua minggu ke depan.

Darma Budhy menjelaskan uji beban harus dilakukan sebelum jembatan berfungsi. Adapun pola pembebanannya dibentang tengah dipasang elektrikal dengan pengecekan melalui sistem komputerisasi.

Jika hasil uji beban ini dinyatakan layak, maka selanjutnya akan dikeluarkan sertifikat laik fungsi oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) yang menyatakan Jembatan Musi VI sudah aman untuk dilalui.

“Di bentang tengah dipasang elektrik dan manual untuk mengecek apakah ada pergerakan kendaraan atau tidak selama beberapa hari,” katanya.

Darma Budhy merincikan, Jembatan Musi VI memiliki panjang total 925 meter, lebar jembatan 11,5 meter dan untuk dua lajur dua arah, masing-masing lebar 8,5 meter ditambah trotoar lebar 1,5 meter. Tinggi terhadap permukaan air Sungai Musi 13 meter dan kapasitas muatan sumbu 8 ton. Direncanakan, Jembatan Musi VI ini akan diresmikan dan langsung fungsional pada tanggal 30 Desember mendatang. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.