Sesuai Aturan, Selama Cuti Calon Kepala Daerah Incumbent Dilarang Gunakan Fasilitas Negara

Ketua KPUD Muba, H Firdaus Marvels

Sekayu, Sumselupdate.com – Bagi calon bupati dan wakil bupati  yang berstatus incumbent yang akan maju pada Pilkada Muba 2017 mendatang, harus mengambil cuti selama empat bulan.

Sementara balon kepala daerah yang berstatus dari legislatif maupun pegawai negeri sipil (PNS), KPUD Musi Banyuasin (Muba) masih menunggu petunjuk KPU pusat.

Bacaan Lainnya

“Kita hanya mengacu pada aturan yakni PKPU Nomor 5 tahun 2016. Jadi incumbent baik yang akan mengikuti balon bupati maupun balon wakil bupati, harus cuti, sebab saat pendaftaran nanti kita tanyakan pertama kali surat cutinya,” kata Ketua KPUD Muba, H Firdaus Marvels saat dihubungi, Selasa (13/9).

Menurut Firdaus, selama cuti, balon kepala daerah incumbent dilarang keras menggunakan fasilitas negara apapun bentuknya. Jika tetap dilakukan, maka akan dinilai sebagai bentuk pelanggaran.

“Cutinya selama empat bulan, tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas negara apapun bentuk dan alasannya,” cetusnya.

Mengenai balon kepala daerah yang berasal dari anggota DPRD maupun PNS, menurut Firdaus, pihaknya masih menunggu petunjuk pusat.

Pasalnya, sampai saat ini masih dilakukan rapat dengar pendapat antara KPU RI dan Komisi II DPR RI.

“Untuk DPR dan PNS sedang dalam pembicaraan. Untuk saat ini, kita mengacu dengan aturan yang ada terlebih dahulu. Jika peraturannya berubah akan kita terapkan yang terbaru,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris KPUD Muba, Nurmila menambahkan, saat ini proses atau tahapan yang sedang berjalan di KPUD Muba yaitu rapat pleno penghitungan faktual calon inedependen di tingkat Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK).

“Nanti, pada 10 September, kita (KPU Muba) akan lakukan rekap faktual pasangan calon independen,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, pembukaan pendaftaran calon kepala daerah dari jalur partai politik (parpol), yakni pada 21-23 September.

Sedangkan penetapan calon digelar  pada 24 September dan dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut pasangan calon pada 25 September. (est)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.