26 Februari, Gubernur Sumsel Bakal Lantik Kepala Daerah Terpilih

Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sumsel Edward Chandra.

Palembang, Sumselupdate.com – Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sumsel Edward Chandra mengatakan, di Provinsi Sumsel ada tujuh kabupaten yang mengikuti Pilkada serentak 2020, yaitu Ogan Ilir, OKU Timur, Musi Rawas, OKU, OKU Selatan, Muratara, dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

“Sudah keluar surat dari Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menginformasikan bahwa pelantikan dilakukan pada Minggu ke empat Februari 2021,” katanya, Kamis (18/2/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan melihat bulan Februari ini hanya sampai tanggal 28, di tanggal 27 dan 28 Februari hari libur, maka berkemungkinan akan dilakukan pelantikan pada 26 Februari 2021.

Menurut Edward, Kementerian ada tiga skenario yaitu tanpa sengketa, putusan sela dan final Mahkamah Konstitusi (MK). Kalau lihat situasi ini yang keputusan sela bisa dilantik bersamaan dengan yang tanpa sengketa. Kementerian memberikan peluang untuk yang putusan sela dilantik bersama yang tanpa sengketa.

“Untuk yang tanpa sengketa yaitu Ogan Ilir, Musi Rawas dan OKU Timur. Lalu untuk OKU dan OKU Selatan ditolak MK, sehingga bisa masuk putusan sela. Artinya tinggal menunggu Muratara dan PALI,” katanya.

Edward mengatakan, untuk pelantikan kemungkinan akan diadakan di Griya Agung. Namun pastinya akan diinformasikan lebih lanjut. Untuk yang melantiknya nanti Gubernur Sumsel. (ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.