2020, DPRD Sumsel Siap Bahas 16 Raperda

Penandatanganan berita acara rapat paripurna dengan agenda penjelasan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sumsel

Palembang, Sumselupdate.com — DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar rapat paripurna dengan agenda penjelasan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sumsel terhadap penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah tahun 2020.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati didampingi pimpinan DPRD Sumsel. Turut hadir yakni Sekda Sumsel H Nasrun Umar beserta kepala SKPD di ruang rapat Paripurna, Kamis (13/2).

Bacaan Lainnya

Juru bicara Bapemperda DPRD Sumsel Hj Rita Suryani

 

Juru bicara Bapemperda DPRD Sumsel Hj Rita Suryani mengatakan, pada tanggal 4 September 2019, Gubernur Sumsel dengan surat bernomor 188.34/2541/11/2019 perihal usulan program pembentukan perda tahun 2020. Usulan dari Gubernur Sumsel ini ditindaklanjuti dalam rapat Bapemperda DPRD Sumsel pada tanggal 9 dan 10 Januari dan dilanjutkan tanggal 13 Februari 2020 dalam rangka penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun Anggaran 2020.

Penyerahan draft Raperda

 

“Setelah mendengar paparan dan penjelasan dari pihak eksekutif, Bapemperda DPRD Sumsel dapat menerima dan melanjutkan untuk pembahasan 13 rancangan peraturan daerah (raperda). Sedangkan untuk empat raperda lainnya belum dapat ditetapkan ke dalam Propemperda tahun 2020 karena masih diperlukan pengkoordinasian dengan kabupaten/kota,” jelasnya.

Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati

 

Selain 13 raperda tersebut, lanjutnya, rapat Bapemperda DPRD Sumsel pun telah sepakat memasukkan tiga raperda inisiatif DPRD Sumsel.

Berdasarkan dari hasil rapat antara Bapemperda DPRD Sumsel dengan pihak Eksekutif maka Program Pembentukan Peraturan Daerah (propemperda) Provinsi Sumatera Selatan tahun 2020 memuat 16 (enam belas) raperda yang terdiri dari 3 (tiga) usulan inislatlf dari DPRD Sumsel dan 13 (tiga belas) raperda usulan dari Pemprov Sumsel.

Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban

Sementara Sekretaris Daerah Sumsel, H Nasrun Umar meminta agar pembentukan peraturan daerah dapat dilaksanakan secara berencana berdasarkan skala prioritas sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.

“Program pembentukan Perda tidak hanya sekedar daftar keinginan tetapi terencana dengan baik, sehingga rancangan Perda yang masuk dari program pembentukan peraturan daerah merupakan rancangan peraturan daerah yang memang perlu untuk menjadi skala prioritas dalam tahun 2020,” katanya.

Rapat paripurna dengan agenda penjelasan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sumsel

 

Raperda Inisiatif DPRD Provinsi Sumsel sebanyak tiga Raperda yaitu.

1. Raperda Tentang Pesantren.

2. Raperda Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2013 Tentang Pembinaan Penyelenggaraan Bangunan Gedung.

3. Raperda Tentang Pesirah.

Kemudian Usulan Raperda Eksekutif sebanyak 13 Raperda.

1. Raperda Tentang Pembentukan BUMD Sektor Agrebisnis.

2. Raperda Tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Daerah Prodexim menjadi Perusahan Perseroan Daerah Prodexim ( Perseroda).

3. Raperda Tentang Penyelengaraan Penanggulangan Bencana.

4. Raperda Tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi.

5. Raperda Tentang Perubahan Atas Peraturan nomor 9 Tahun 2012 Tentang Perseroan Terbatas Penjaminan Kredit Daerah Provinsi Sumsel.

6. Raperda Tentang Perubahan ke 7 atas Peraturan Daerah nomor 4 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Usaha.

7. Raperda Tentang Penyelengaraan dan Pengelolaan Perpustakaan.

8. Raperda Tentang Pengelolaan Hutan Produksi dan Hutan Lindung Provinsi Sumsel.

9. Raperda Tentang Perubahan ke 4 atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Retrebusi Jasa Umum

10. Raperda Tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Penyusunan Perangkat daerah provinsi Sumsel.

11. Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2019.

12. Raperda Tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2020.

13. Raperda Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2021.(adv)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.