2019 Dinas PSDA Fokus Bantu Program Peningkatan Produksi Pangan

Kepala Dinas PSDA Sumatera Selatan, Dharma Budhy

Palembang,sumelupdate.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) di 2019 fokus dalam meningkatkan produksi pertanian, dan Program irigasi persawahan menjadi fokus utama.

Kepala Dinas PSDA Sumatera Selatan, Dharma Budhy, mengungkapkan, salah satu bukti keseriusan Pemprov ditunjukkan dari proporsi anggaran. Sebanyak 90 persen dari Rp.140 milyar alokasi dana APBD di Dinas PSDA tahun anggaran 2019 dialperuntukkan untuk revitalisasi irigasi.

Bacaan Lainnya

Budhy mengatakan,dari hasil pemetaan disejumlah daerah diketahui masalah irigasi persawahan masih menjadi persoalan.

Menindaklanjuti hal itu, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program yang akan dilakukan seperti normalisasi kanal, perbaikan saluran air, perbaikan bendungan dan pintu air yang menuju areal pertanian.

“Untuk perbaikan saluran kami fokuskan di Musi Rawas, Muara Enim. Lahat, OKU Selatan, Pagaralam, Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir. Sementara perbaikan pengelolaan sungai untuk irigasi ada di OKU Timur dan OKU Selatan, ada lima DAS yang kami kerjakan,” ujar Budhy kepada wartawan di Palembang, Senin (25/3/2019).

Menurut Budhy, revitalisasi saluran air dan irigasi bertujuan untuk memastikan kebutuhan air untuk pertanian tidak mengalami kesulitan khususnya saat musim kemarau. Salah satu yang dilakukan yakni dengan membuat atau memperbaiki pintu air agar debit air dapat dikendalikan.

“Contoh permasalahan yang dihadapi misalnya bagaimana mengoptimalkan saluran air perikanan agar dapat dimanfaatkan juga untuk pertanian. Ini yang akan kami coba benahi agar produksi pangan dapat meningkat,” imbuhnya.

Daikui Budhy, alokasi dana yang dimiliki saat ini masih jauh dari ideal untuk Provinsi Sumatera Selatan yang saat ini memiliki 49 ribu hektar luas areal irigasi. Diperkirakan, butuh dana sedikitnya Rp.600 milyar untuk melakukan revitalisasi irigasi secara menyeluruh.

Meski demikian, dirinya tetap optimis upaya yang dilakukan saat ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk peningkatan produksi pertanian Sumatera Selatan. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.