Sambut Hari Bakti ke-75, PSDA Sumsel Bersih-Bersih Sungai

Dinas PU PSDA Sumseln, melakukan kegiatan bersih-bersih sungai-sungai di wilayah Jakabaring yakni di Sungai Aur dan Sungai Kopitan.

Palembang, Sumselupdate.com – Dalam memperingati hari bakti ke-75 Dinas PU Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumatera Selatan, melakukan gerakan nyata dengan membersihkan sungai-sungai di wilayah Jakabaring yakni di Sungai Aur dan Sungai Kopitan.

“Mudah-mudahan dengan adanya gerakan ini masyarakat sekitar sadar akan perlunya membersihkan lingkungan sungai. Tujuannya untuk mengatasi banjir pada titik-titik tertentu yang sering terjadi luapan air,” kata Kadis PSDA Sumsel, Herwan, Jumat (27/11/2020).

Bacaan Lainnya

Dirinya juga berharap, dengan adanya gerakan ini, masyarakat dan Pemerintah setempat mengetahui pentingnya membersihkan sungai dan tidak membuang sampah sembarangan.

Terlebih, tahun 2021 nanti Sumsel akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, dan sejauh ini PSDA Sumsel sudah berbagi tugas dengan Balai Besar Sungai dan juga PU Palembang membersihkan anak sungai di kawasan Jakabaring.

“Sebelum Piala Dunia U-21 nanti, kami sudah membagi tugas sesuai kewenangan masing-masing membersihkan beberapa anak sungai. Sehingga sungai-sungai di Kawasan Jakabaring bisa terpelihara dan bersih. Mudah-mudahan debit air yang cukup tinggi bisa diantisipasi,” harap Herwan.

Selain di wilayah Jakabaring, untuk antisipasi banjir dinas PSDA Sumsel terus berkoordinasi dengan dinas terkait seperti balai besar dan PU Palembang, dengan membentuk tim satgas, hal itu untuk mendapatkan informasi dari masing-masing tugas, terutama di titik-titik rawan terjadi luapan banjir.

“Luapan yang agak besar ada di Jalan Jenderal Sudirman KM 7, tepatnya di Pull DAMRI yang ada luapan anak sungai dari Talang Keramat,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, kedepan pihaknya bersama instansi terkait akan terus berupaya membuat kolam retensi seperti di Simpang Bandara, Simpang Polda dan Punti Kayu.

“Kolam retensi itu akan di upayakan perbaiki melalui balai besar. Selanjutnya kota juga telah mempunyai tim akan melaksanakan antisipasi ini, jadi setiap ada informasi mengenai luapan air akan segera di tindak lanjuti, karena mereka yang mempunyai wilayah. Kami di Provinsi Sumsel akan memback up tugas tigas ini,” tutupnya. (ron) 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.