148 Wisatawan Asing Dievakuasi dari Gili Trawangan

Jakarta, Sumselupdate.com – Sebanyak 758 orang dievakuasi dari lokasi wisata Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) usai gempa 7,0 Skala Richter (SR). 148 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

“Proses evakuasi korban bencana ini melibatkan sejumlah personel TNI bekerja sama dengan Polri, BPBD, Pemda setempat dan tim SAR,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip dari laman metrotvnews.com, Selasa (7/8/2018).

Read More

Sabrar menjelaskan, evakuasi melalui jalur laut itu menggunakan kapal RB 220 Mataram. Pada tahap pertama, 49 WNA dievakuasi. Kemudian ada 19 WNA yang dievakuasi pada tahap kedua. 74 WNA pada sesi evakuasi berikutnya.

“Selain itu proses evakuasi juga menggunakan boat KPLP yang berhasil mengevakuasi enam WNA,” ujarnya.

Proses evakuasi juga dilakukan di Gili Meno dan Gili Air. Para korban terdampak gempa ini kemudian dilarikan menuju pelabuhan Bangsal di Lombok.

Sabrar menyatakan TNI menerjunkan 397 personel TNI yang terdiri dari 82 personel Yonkes Divisi 2/Kostrad, 100 personel Pasmar-2, 100 personel Yonzipur, 10 Kostrad dan 100 personel dari Yon Paskhas, ditambah 5 personel dari Satkomlek. Aparat TNI bekerja sama dengan kepolisian, personel Basarnas dan masyarakat. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.