Usai Dilantik, Puluhan Anggota DPRD Sumsel Gadaikan SK

Ilustrasi. (net)

Palembang, Sumselupdate.com – Sejak dilantik sebagai anggota DPRD Sumsel pada 24 September lalu, sejumlah anggota DPRD Sumsel masa jabatan 2019-2024 dikabarkan telah menggadaikan surat keputusan (SK) keanggotaannya untuk meminjam uang di bank.

Sekretaris DPRD Sumsel Ramadhan S Basyeban pun membenarkan hal tersebut. Namun, ketika ditanya siapa saja anggota DPRD Sumsel yang telah menggadaikan SK mereka, ia enggan menyebut nama-nama anggota dewan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Sudah ada puluhan anggota dewan Sumsel, yang mengajukan pinjaman dengan jaminan SK sebagai anggota DPRD,” kata Ramadhan di ruang media center DPRD Sumsel, Selasa (8/10/2019).

Menurut Ramadhan, menjadikan SK keanggotaan dewan sebagai jaminan untuk mendapatkan uang pinjaman sudah lumrah dilakukan. Pasalnya, gaji anggota DPRD Sumsel sendiri disalurkan melalui Bank Sumsel Babel (BSB).

“Ada yang muka baru dan lama, tapi saya lupa nama- namanya, dan pinjamannya di BSB,” ujarnya, seraya menambahkan jika jumlah anggota dewan yang akan meggadaikan SK bisa saja bertambah.

Mengenai besarannya sendiri, Ramadhan tidak mengetahuinya, karena saat penyampaian di sekretariat DPRD Sumsel dikosongkan nominal. “Bank yang tahu hitungannya, nanti kalau dapat pinjaman tinggal potong penghasilan (gaji) saja,” bebernya.

Lebih lanjut, Ramadhan mengatakan persoalan itu tidak dilarang dalam ketentuan yang ada. Sehingga, sah-sah saja memakai SK Pengangkatan sebagai jaminan ke Bank. “Saya rasa, itu urusan pribadi mereka,” pungkasnya. (eno)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.