Untuk Hindari Penumpukan Penumpang, ASDP Minta Pemudik Berangkat Siang Hari

Suasana antre di Pelabuhan Merak, Banten (liputan6.com)

Banten, Sumselupdate.com – Pihak PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry berharap pemudik yang hendak menuju Pulau Sumatera berangkat pada siang hari. Ini untuk mengantisipasi penumpukan dan kemacetan penumpang maupun kendaraan.

“Kami minta pemudik lebaran melakukan perjalanan siang hari lebih nyaman juga bisa mengurai kemacetan kendaraan,” kata Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S. Baskoro di Pelabuhan Merak, seperti dilansir antaranews.com, Sabtu (7/2).

Bacaan Lainnya

Saat ini, menurutnya, para pemudik membludak hingga terjadi penumpukan penumpang saat menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung malam atau dinihari. Pemudik umumnya melakukan perjalanan pada malam hari dengan alasan cuaca dingin.

Karena itu, ASDP Merak mengimbau pemudik sebaiknya menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, siang hari untuk kelancaran lalu lintas. Sebab, saat ini antrean kendaraan mengalami kemacetan sepanjang empat kilometer di ruas jalan Cikuasa Atas menuju Pelabuhan Merak. Volume kendaraan datang secara bersamaan sehingga daya tampung pelabuhan tidak memadai.

Karena itu, pihak ASDP minta ke depan perlu ada penambahan satu dermaga lagi untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Menurut Ferry, saat ini diprediksi puncak arus mudik yang menyeberang ke Bakauheni mencapai antara 20 sampai 25 ribu penumpang pejalan kaki. Saat ini, lima dermaga pelabuhan dipadati kendaraan pribadi sambil menunggu diseberangkan menuju Pulau Sumatera.

ASDP telah mengoperasikan 27 armada dengan perjalanan Merak-Bakauheni sebanyak 90 trip. Selain itu ASDP juga menyediakan sarana dan fasilitas khusus bagi penyandang cacat juga ruangan menyusui ibu-ibu. Juga disediakan 13 loket penumpang pejalan kaki dan 10 loket sepeda motor.

“Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa penyeberangan dengan nyaman dan lancar,” katanya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak Togar Napitupulu juga berharap masyarakat yang akan menuju Pulau Sumatera sebaiknya berangkat siang hari agar tidak terjebak penumpukan penumpang dan kemacetan kendaraan. Sebab berangkat malam hari, imbuhnya, biasanya menimbulkan antrean dan penumpukan penumpang. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.