UMK 2022 Kota Palembang Digodok

IST

Palembang, Sumselupdate.com – Meskipun pada kenyataannya tidak semua perusahaan menerapkan Upah Minimum Kota (UMK), namun Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Palembang membahas dan segera mengumumkan besaran UMK 2022.

Nilai UMK akan ditetapkan setelah Upah Minimum Provinsi (UMP) keluar. Nilai UMK ini diantaranya berdasarkan perkembangan nilai inlasi dan pertumbuhan ekonomi, juga dengan keputusan gubernur dan diumumkan paling lambat setiap tanggal 30 November tahun berjalan dan terhitung mulai tanggal 1 Januari tahun berikutnya.

Hubungan Industrial Disnaker Palembang, Fahmi Hatta mengatakan, penentuan upah ini sesuai dengan PP nomor 36 tahun 2021.

“Naik tidaknya nanti akan dilihat perhitungannya kita akan rapatkan 25 November ini,” katanya.

Sebagai gambaran untuk 2021 UMK untuk Kota Palembang telah ditetapkan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) sebesar Rp3.270.930.78. Biasanya setiap tahun UMK selalu naik

“Kita lihat tahun depan naik tidaknya setelah rapat, pasti alan banyak pertimbangan menyesuaikan kondisi saat ini,” katanya.

Sementara itu, Bendahara Aprindo Palembang, Arvan mengungkapkan, bahwa pihaknya secara tegas menolak jika upah naik. Mengingat kondisi sekarang masih belum stabil.

“Retail belum normal. Baru mencapai 50 sampai dengan 60 persen saja, dari sebelum Corona masih harus efisiensi,” katanya.

Dikatakannya, jika biaya operasional sekarang masih tinggi di bandingkan pencapaian omzet. “Bahkan masih banyak perusahaan yang belum membayar gaji karyawannya dengan penuh,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.