Tiga Tips Memilih Dokter Anak

Selasa, 23 Februari 2016
Ilustrasi Dokter Anak

Jakarta, Sumselupdate.com – Saat berhubungan dengan kesehatan anak, orang tua tidak bisa sembarangan menjatuhkan pilihan pada dokter tertentu. Anda perlu selektif dalam memilih dokter anak yang cocok tidak hanya bagi anak, tapi juga diri Anda sendiri.

Memutuskan seorang dokter anak adalah salah satu keputusan penting yang harus dibuat. Idealnya, dokter anak yang dipilih merupakan seseorang yang dipercaya dan mitra terbaik Anda untuk merawat anak.

Bacaan Lainnya

Agar tidak sembarangan memilih dokter anak, berikut ini langkah-langkah yang dapat diambil untuk memilih dokter anak yang tepat.

Dapatkan rekomendasi dari dokter lain

Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics menemukan, 20 persen dari ibu baru mengatakan mereka tidak menerima saran dari dokter mereka tentang menyusui atau posisi tidur bayi. Lebih dari 50 persen mengatakan mereka tidak menyarankan pada lokasi tidur atau penggunaan dot. Perlu Anda catat, mencari dokter anak yang mau memberikan waktu luang untuk berkonsultasi masalah selama kunjungan bahkan di luar kunjungan.

Juru bicara  Infant Nutrition Council of America Meg Meeker mengatakan salah satu cara terbaik menemukan dokter anak yang baik dengan cara meminta saran dokter atau perawat ketika mereka memeriksa kondisi anak-anaknya. Jangan hanya mengandalkan rekomendasi dari kerabat atau situs jejaring online.

“Jika Anda mulai hanya dengan teman-teman Anda, Anda mungkin berakhir dengan hanya orang yang baik tetapi Anda tidak akan selalu tahu bahwa mereka orang yang paling cerdas,” katanya dikutip dari Foxnews.

Dapat berbincang-bincang
Jika Anda sudah menemukan beberapa alternatif yang tepat untuk kesehatan anak, coba ajak berbincang-bincang di luar jam konsultasi. Dengan cara ini Anda akan mengetahui gaya berkomunikasi dokter anak serta fokus dalam masalah tertentu.

Di samping itu, dengan perbincangan ini Anda bisa menggali lebih informasi tenang cara mengasuh anak agar tetap sehat, dengan cara mengulik seputar makanan, penggunaan antibiotik, dan strategi mendisiplinkan anak.

Mendapat penjelasan tentang imunisasi
Vaksin masih menjadi isu perbincangan hangat untuk orang tua dan dokter. Sebaiknya Anda mengetahui kebijakan dokter anak yang akan digunakan tentang vaksin.

“Jika mereka memiliki kekhawatiran tentang hal itu, mereka harus memilih dokter anak yang akan memiliki empati dan kesabaran untuk membahas permasalahan tersebut tanpa mempermalukan orangtua atau membuat orang tua merasa bodoh,” kata Tara Haelle penulis “The Informed Parent: A Science-Based Resource for Your Child’s First Four Years.” (adm3)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.