Tiga Pencuri Spesialis Siang Hari Diciduk Polisi

Tiga pelaku pencuri spesialis siang hari diamankan polisi.

Laporan : Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Reskrim Polsek Ilir Barat I, Palembang, meringkus tiga pelaku pencurian yang kerap beraksi siang hari, di kawasan Bukit Besar. Rumah kost dan masjid menjadi sasaran ketiga pelaku.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Ilir Barat I Kompol Deni Triana, Selasa (24/11/2020) menjelaskan, jika ketiga pelaku yang berhasil diamankan adalah Muhammad Dodi Juliansyah (27), Rangga (26) dan Herianto (25). Mereka diringkus di kawasan Bukit Kecil, dimana mereka sering melancarkan aksinya.

Untuk Rangga dan Herianto, beraksi menyasar kost yang tidak ada penghuninya. Kedua pelaku masuk dengan cara merusak pintu belakang. Setelah berhasil masuk, pelaku mencuri tabung gas, laptop dan jam tangan pemilik rumah.

Sedangkan tersangka Dodi Juliansyah, merupakan pelaku pencurian di Masjid Al Hidayah dan Masjid Baitul Ulum. Pelaku masuk kedalam masjid melalui jendela, setelah merusak engsel dengan obeng.

Berselang satu bulan, Dodi kembali beraksi. Kali ini ia mengasak satu unit televisi 50 inci buat marbot Masjid Baitul Ulum, yang berada di Jalan Ogan, Kecamatan Ilir Barat I.

“Ketiga pelaku merupakan pemain baru. Dua dari tiga pelaku lainnya juga terlibat pencurian rumah kost. Anggota Reskrim Polsek Ilir Barat I pertama kali menangkap tersangka Herianto setelah dikembangkan anggota berhasil menangkap dua tersangka Dodi dan Rangga,” jelasnya.

Pelaku Dodi kepada petugas menceritakan, jika aksi pencurian yang ia lakukan karena ketagihan bermain game online.

“Aku datang ke Masjid Baitul Ulum Jalan kaki setelah main game online. Setelah aku mengambil televise, aku menghubungi kawan minta jemput dengan motor dengan alasan nak jual televisi di Kenten. Televisi itu terjual dengan harga Rp1,3 juta, kalau vakum terjual dengan Rp150.000. Uang itu aku habiskan main game online,” katanya.

Beda lagi dengan Herianto, yang mengaku niatan untuk mencuri itu berawal saat ia mengambil mangga. Saat diatas pohon mangga mereka melihat dinding batako di kost rapuh, sehingga mereka pun menjebolnya dan mencuri benda berharga.

Barang hasil curian itu, sudah dijual tersangka dan hasilnya digunakan sendiri. Untuk ketiga tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukumannya lima tahun penjara. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.