Tarian Hingga Kopi Semendo Sukses Pikat Pengunjung TMII Jakarta

Minggu, 23 Oktober 2022
Pj Bupati Muaraenim Kurniawan didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muaraenim, Nurmala Sari disambut hangat tarian saat memasuki Anjungan Sumatera Selatan yang ikut dalam perhelatan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Sabtu (22/10/2022).

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Anjungan Sumatera Selatan (Sumsel) yang ikut dalam perhelatan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Sabtu (22/10/2022), menampilkan pergelaran seni budaya dan pameran ekonomi kreatif Kabupaten Muaraenim.

Bacaan Lainnya

Pergelaran yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel menyambut KTT Presidensi G20, dihadiri langsung oleh Pj Bupati Muaraenim, Kurniawan, AP, MSi mendapat apresiasi penuh oleh pengunjung TMII dan Paguyuban Masyarakat Bumi Serasan Sekundang di Jabodetabek.

Adapun dalam pagelaran ini juga diikuti seluruh kabupaten/kota se-Sumsel.

Kabupaten Muaraenim sendiri menampilkan beragam kesenian unggulan berupa tarian, lagu daerah, gitar tunggal serta tak lupa produk usaha ekonomi kreatif seperti batik dan berbagai hasil bumi seperti olahan Kopi Semendo dan Teh Rosela.

Pj Bupati Muaraenim Kurniawan didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muaraenim, Nurmala Sari menyampaikan apresiasi digelarnya ajang tersebut untuk dijadikan wadah promosi seni karya dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Muaraenim.

Sekaligus kata Kurniawan, ajang itu untuk saling bersilaturahmi dengan sanak-dulur asli Bumi Serasan Sekundang di tanah rantau.

“Tentunya Kabupaten Muaraenim sangat bangga dapat berpartisipasi dalam rangkaian Pagelaran Seni Budaya Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka menyambut KTT G20 dan National Culture Event tahun 2022,” ungkap Kurniawan, Minggu (23/10/2022).

Untuk itu, dirinya memberikan apresiasi kepada jajaran OPD khususnya kepada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaraenim yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini.

Lebih lanjut Pj Bupati menjelaskan dalam pergelaran ini, Kabupaten Muaraenim membawa tim kesenian yang akan menampilkan beragam tarian, lagu daerah dan gitar tunggal. Serta tak lupa menyuguhkan berbagai produk usaha ekonomi kreatif berupa batik, songket maupun kuliner khas Bumi Serasan Sekundang.

“Tentunya ini merepresentasikan seni budaya maupun potensi ekonomi kreatif Kabupaten Muara Enim,” ucapnya.

Kemudian, Pj Bupati juga mengajak seluruh pengunjung pergelaran mendukung pelaksanaan Presidensi G20 yang akan berlangsung bulan depan.

“Mari bersama-smaa kita doakan Indonesia sukses menjalankan tugas presidensi G20, terutama pada kegiatan puncak KTT G20 15-16 November mendatang di Bali,” pungkasnya.

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muaraenim Nurmala Sari menambahkan pergelaran seni budaya dan pemeran ekonomi kreatif Kabupaten Muara Enim di Anjung Sumatera Selatan, TMII, diharapkan mampu menunjukkan kekayaan khazanah seni budaya Bumi Serasan Sekundang di Ibukota.

“Penyelenggaraan pergelaran ini juga diharapkan dapat meningkatkan daya pikat warga Ibu kota untuk mengenal lebih dalam beragam kesenian dan produk ekonomi kreatif unggulan Kabupaten Muaraenim,” pungkasnya. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.