Soal Banjir di Kota Muaraenim, Pj Bupati Instruksikan Revitalisasi Sungai Aur

Pj Bupati Muaraenim saat melakukan pengecekan aliran Sungai Aur

Laporan Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com — Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Muaraenim pada beberapa hari ini dan mengakibatkan sejumlah wilayah di kota Muaraenim terendam banjir, akibat Suangi Aur meluap.

Read More

Pj Bupati Muaraenim H Nasrun Umar didampingi dinas terkait diantaranya, BPBD, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Dinas Perkim dan Camat Muaraenim pun melakukan pengecekan di sejumlah titik lokasi banjir di Kelurahan Pasar II dan Kelurahan Air Lintang Kecamatan Muaraenim, Selasa (28/12/2021).

Selain itu Pj Bupati juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak musibah banjir itu. Nampak juga dalam pengecekan tersebut, Pj. Bupati mendapati bahwa, selain banjir yang diakibatkan oleh tingginya curah hujan dengan waktu yang lama, juga adanya sungai yang tepat berada ditengah pemukiman warga yaitu aliran Sungai Aur juga salah satu penyebab banjir itu.

Dikesempatan itulah, Pj Bupati menegaskan untuk mengantisipasi hal serupa terjadi kembali, rencana jangka panjang ia menginstruksikan kepada Dinas PUPR agar segera melakukan revitalisasi Sungai Aur untuk dilakukan pelebaran badan sungai.

“Untuk itu saya meminta kepada masyarakat agar kiranya dapat mendukung penuh revitalisasi sungai tersebut agar musibah bencana banjir tersebut tidak terulang kembali karena itu kita harus merevitalisasi sungai Aur,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj. Bupati-juga mengharapkan kepada masyarakat sekitar untuk selalu berhati-hati dan tetap waspada serta terus menjaga kebersihan lingkungan dan sungai, dengan tidak membuang sampah sembarang yang dapat mengakibatkan tersumbatnya aliran sungai.

“Saya juga menghimbau kepada warga agar selalu waspada mengingat berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hususnya di Kecamatan Muaraenim, akan masih dalam kondisi hujan sedang,” pungkasnya.

Diketahui juga, Pj. Bupati melalui Dinas BPBD dengan dibantu relawan bencana, pada hari lalu telah mendirikan Pos Penyelamatan, dengan melakukan pertolongan kepada warga untuk segera dilakukan evakuasi ketempat yang aman, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.