SMK Negeri 1 Penukal Siap Gelar UNBK

tampak salah satu lab komputer yang dipersiapkan untuk UNBK besok, inzet : Jhon Areli, SPd., MSi kepala SMK Negeri 1 Penukal

PALI, Sumselupdate.com – Jelang Ujian Nasional (UN) yang akan dilaksanakan besok (4/4), seluruh sekolah di Bumi Serepat Serasan terus mempersiapkan diri, tak terkecuali SMK Negeri 1 Penukal. Malah, SMK yang berlokasi di desa Babat Kecamatan Penukal Kabupaten PALI ini menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten PALI yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Persiapan sudah kita lakukan sejak lama. Seperti kita bekali siswa dengan keterampilan komputer, kemudian materi pelajaran sudah sesuai dengan kurikulum dan silabus, dan juga kita sudah melakukan simulasi dan gladi resik. Kalau simulasi kita laksanakan pada akhir Februari, sedangkan gladi resik kita laksanakan 28 Maret kemarin secara serentak tingkat nasional,” tutur Jhon Areli, SPd kepala SMK Negeri 1 Penukal ketika dihubungi sumselupdate.com, Minggu (4/4).

Jhon juga menambahkan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan 60 unit komputer yang akan digunakan oleh 174 peserta UNBK yang terbagi dua ruangan.

“Untuk mengatisipasi kendala terjadinya padam listrik, kami sudah menyiapkan dua mesin generator set (Genset). Sedangkan untuk jaringan, kita juga sudah menyiapkan server. Semoga tidak ada kendala pada pelaksanaan besok,” kata Jhon.

Secara psikologis, Jhon mengaku juga telah membekali calon peserta UNBK agar tetap tenang pada saat ujian.
“Jumat kemarin, kami juga sudah melaksanakan doa dan yasinan bersama. Setidaknya, dengan hal itu kami membekali para siswa agar tetap tenang dan diberi keyakinan bahwa mereka bisa melaksanakan UNBK. Kemudian, pada saat ujian serta benar-benar mengisi soal dengan teliti,” sambungnya.

Menurut Jhon, UNBK menjadi salah satu solusi di tengah ujian yang kerap terjadi kecurangan.

“Ini suatu hal yang positif, karena para siswa tidak bisa lagi mencontek kemudian, sangat minim untuk terjadi kecurangan pada saat pelaksanaan UNBK,” kata Jhon.

“Kita harapkan, pelaksanaan besok dapat tercapai tiga suksesi. Sukses administrasi, sukses proses dan sukses output. Dan seluruh sekolah yang ada di kabupaten PALI pada tahun depan bisa melaksanakan UNBK, sehingga dapat menciptakan kompetisi antar sekolah di Bumi Serepat Serasan,” harapnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.