Siap Maju Pemilu 2024, Serikat Petani dan 11 Organisasi Deklarasi Partai Buruh Besok

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Jakarta, Sumselupdate.com — Elemen buruh dan serikat pekerja akan deklarasi Partai Buruh dalam kongres 4-5 Oktober 2021, besok di Jakarta. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan jika lolos verifikasi Partai Buruh akan ikut dalam Pemilu 2024.

Said Iqbal juga menjelaskan, terdapat 11 elemen atau organisasi yang tergabung yakni, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Organisasi Rakyat Indonesia (ORI), Serikat Petani Indonesia (SPI), Gerakan Perempuan Indonesia (GPI), KSPI, FSPMI, FSP FARKES, KPBI, FSP KEP, dan FPTHSI.

Read More

Tak hanya itu, Said Iqbal menyebut pada kongres ini Partai Buruh juga didukung Serikat Petani Indonesia.

“Hari ini Partai Buruh yang baru didukung oleh Serikat Petani Indonesia, organisasi petani terbesar di Indonesia, 4 Konfederasi Serikat Buruh di tingkat nasional, 50 federasi serikat buruh di tingkat nasional, forum guru honorer, tenaga honorer dan guru swasta, Gerakan Perempuan Indonesia. Itulah yang membedakan dengan yang lama. Sehingga spektrum daripada konstituennya pasti akan meluas,” ucap Said Iqbal, Minggu (03/10/2021), seperti dilansir Suara.com –jaringan nasional Sumselupdate.com.

Selanjutnya, setelah kongres dan jika lolos verifikasi KPU, Partai Buruh kata Said Iqbal akan terlibat dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Saatnya juga kami berkontribusi buat negeri ini melalui parlemen melalui DPR RI, DPD RI, DPRD 2, DPRD, Pilkada Pilkada, pemilihan gubernur, bupati Walikota, bahkan pemilihan presiden wakil presiden,” kata dia.

“Bila Tuhan berkehendak kami lolos verifikasi KPU, tentu kami ikut terlibat dalam proses demokrasi tersebut pada tahun 2024 pemilu di Indonesia,” Iqbal menambahkan.

Lebih lanjut Said Iqbal mengungkapkan, kongres tersebut merupakan kelanjutan dari partai buruh lama yang dirikan Muchtar Pakpahan dan diketuai oleh Sony Pujisasono pada 2012. “Partai Buruh akan dideklarasikan ulang,” ujar Said Iqbal dalam jumpa pers secara virtual.

Said Iqbal melanjutkan bahwa ada perbedaan mendasar antara Partai Buruh yang lama dan baru. Kongres nanti akan memutuskan banyak hal yang mendasar dan berbeda dengan partai buruh sebelumnya.

Namun dalam Kongres kata Iqbal, nantinya akan mengesahkan Badan Pendiri Partai Buruh yang baru.

“Pada prinsipnya kongres akan mengesahkan badan pendiri partai buruh yang baru atau pemilik daripada partai buruh yang baru, membangkitkan kembali partai buruh yang telah ada. Badan pendiri itu ada 11 organisasi,” ucapnya.(src)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.