Selama Pandemi Covid-19, Investasi Emas Meningkat

Kepala PT Pegadaian (Persero) Cabang Sekip Joko Prasetyo.

Palembang, Sumselupdate.com-Pandemi Covid-19 membuat kebanyakan orang mengubah pola hidupnya dengan tidak terlalu banyak membelanjakan uang. Hal ini dilihat dari naiknya trend investasi emas di Pegadaian yang menyebabkan pertumbuhan mencapai 17 persen.

Kepala PT Pegadaian (Persero) Cabang Sekip Joko Prasetyo mengatakan, harga emas sekarang jika dibandingkan enam bulan lalu naik sangat besar. Hal ini disebabkan selama Pandemi, kebanyakan masyarakat berpikir bagaimana bisa mengamankan aset. Salah satunya dalam bentuk emas yang bisa mudah dijualbelikan.

Bacaan Lainnya

“Banyak orang saat ini investasi emas. Orang tidak mau pergi jauh, tidak beli barang kurang manfaat, tapi bagaimana menyimpan aset untuk kelangsungan hidup. Sebab, kita tidak tahu kapan berakhirnya Pandemi ini,” kata Joko, Selasa (13/10/2020).

Joko mengatakan, emas logam mulia ini naik berangsur tapi sangat drastis. Dalam enam bulan lalu, sekitar Maret/ April harganya masih Rp600 ribu pergram, harga 13 Oktober ini Rp1.071.000 per gram.

“Selain itu, emas terbatas tapi permintaannya cukup besar per harinya. Selain itu, harga logam mulia ini sangat kompetitif sehingga sangat menguntungkan saat dijual kembali,” katanya.

Secara nasional dan juga Palembang, lanjut dia, Pegadaian di masa ini tumbuh cukup pesat, dengan pertumbuhan bervariasi, 5-17 persen. Tumbuh artinya minat gadai dan jual tinggi. Menjual karena ada kebutuhan mendadak dan biasanya menggadaikan karena ada kebutuhan sementara seperti biaya sekolah, bayar berobat dan lainnya.

“Trend menabung emas juga meningkat 20 persen. Capaian saat ini yang sudah menabung emas di Pegadaian ada 6.780,” papar dia.

Untuk menabung emas, bisa langsung datang ke pegadaian cabang manapun dengan membawa ktp dan nomor rekening bank. Dengan mengisi formulir yang disiapkan, dalam waktu yang singkat buku tabungan emas akan selesai diproses.

Biaya administrasi pemeliharaan tahunan cukup murah, per tahun hanya Rp30 ribu. Menabung pun bisa minimal Rp10.000. Seperti menabung di bank, dapat buku tabungan, tapi uang yang disetor itu tertulis sesuai nilai emas saat ini.

“Misalnya, kita setor uang Rp10.000, maka emas yang kita dapat dan tertulis 0,01 gram. Sesuai harga emas saat ini Rp1 jutaan per gramnya,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.