Rusak Parah, Dinas PU TR PALI Pastikan Perbaikan Jalan Purun-Tanah Abang

Kondisi jalan yang rusak parah dan digenangi air

PALI, Sumselupdate.com — Kondisi jalan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), yakni kecamatan Tanah Abang – kecamatan Penukal, tepatnya di Desa Purun, sangat memprihatinkan.

Selain jalan yang berlubang, kondisi diperparah ketika hujan. Di tengah jalan, tampak seperti kolam dengan kedalaman sekitar 20 centimeter. Bahkan, salahsatu warga sempat membuat video parodi disebarkan lewat akun sosial media youtube.

Read More

Di akun youtube milik bernama Martin Bae tersebut, dijelaskan mengenai warga yang menangkap ikan di lubang jalan tersebut. Ikan tersebut dijelaskan di video itu, jatuh dari mobil pedagang ikan ketika melintas di jalan tersebut.

Dari keterangan sejumlah pengguna jalan, seperti yang disampaikan Edi, mengatakan bahwa rusaknya jalan Purun-Tanah Abang sudah berlangsung sekitar satu tahun akibat tidak adanya drainase disisi kiri dan kanan jalan.

“Kami sangat berharap pemerintah kabupaten PALI secepatnya membangun jalan tersebut. Karena jalan ini merupakan salah satu akses vital warga dua kecamatan. Dan kami minta selain membangun jalan juga dibarengi pembangunan drainase agar kualitas jalan jadi awet,” pintanya.

Sama halnya diutarakan Sadi, warga yang kerap membantu pengendara pada titik jalan yang terdapat lubang besar. Ia memang mendapat upah yang diterima dari pengendara yang terjebak pada titik jalan itu, tetapi dari lubuk hatinya, dirinya tetap ingin jalan itu dibangun permanen.

“Sejak penghujan kami coba timbun lubang dengan tanah dan batu yang ada disekitar lokasi, namun masih saja ada pengendara mobil yang terjebak. Kami memang menerima sumbangan seikhlasnya dari pengendara yang memberi, tapi alangkah bagusnya jalan ini dibangun agar aktivitas warga jadi lancar,” harapnya.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU TR) kabupaten PALI menyatakan segera memperbaiki meskipun tahun 2022 ini anggaran untuk pembangunan pada jalur tersebut belum ada.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas PU PALI, Ristanto Wahyudi. Terlebih pihak PU telah turun langsung mengecek kondisi jalan itu beberapa hari lalu.

“Kita akan segera perbaiki, karena memang jalan itu ada beberapa titik yang alami kerusakan. Namun untuk pembangunan, akan kita upayakan di anggaran tahun 2023 atau kalau memungkinkan kita akan anggarkan pada APBD perubahan,” ungkap Ristanto. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.