Ribuan Masyarakat Muaraenim Bersatu Bela Palestina dan Masjidil Aqsa

Penulis: - Sabtu, 18 November 2023
Masyarakat Muaraenim mengikuti aksi bela Palestina dan Masjid Aqsa di Lapangan Merdeka, Sabtu (18/11/2023)
Masyarakat Muaraenim mengikuti aksi bela Palestina dan Masjid Aqsa di Lapangan Merdeka, Sabtu (18/11/2023)

Muaraenim, Sumselupdate.com – Aliansi Masyarakat Muaraenim Bela Palestina dan Masjid Aksa menggelar aksi kemanusiaan untuk Palestina pada Sabtu (18/11/2023). Aksi ini merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap tragedi genosida Israel terhadap masyarakat Palestina di Gaza, serta upaya untuk mempertahankan hak-hak kemerdekaan rakyat Palestina dan melindungi Masjidil Aqsa.

Aksi dimulai dengan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Agung Muara Enim, yang diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai kalangan masyarakat. Setelah shalat, peserta melakukan long march menuju Lapangan Merdeka Muaraenim dengan diawasi ketat oleh pihak kepolisian yang bertugas mengamankan lalu lintas di sekitar lokasi acara.

Bacaan Lainnya

Di Lapangan Merdeka, para peserta diajak untuk menyampaikan solidaritas mereka terhadap masyarakat Palestina dan kecaman terhadap Israel melalui orasi-orasi yang disampaikan oleh tokoh-tokoh lintas agama. Panggung yang disediakan di tengah lapangan menjadi tempat utama bagi para tokoh tersebut untuk menyampaikan pesan perdamaian dan keadilan.

Salah satu tokoh yang berorasi adalah Ketua pelaksana kegiatan, Ustadz Akwam. Ia menyatakan bahwa aksi ini adalah wujud nyata dari kepedulian dan kebersamaan masyarakat Muaraenim terhadap tragedi kemanusiaan di Palestina.

“Kami ingin memberikan dukungan moril dan materil kepada saudara-saudara kita di Palestina yang sedang mengalami penderitaan akibat genosida Israel. Semoga aksi ini dapat memberikan harapan dan kekuatan bagi mereka,” ujar Ustadz Akwam.

Ustadz Akwam mengungkapkan bahwa aksi kemanusiaan ini berhasil menghimpun donasi sebesar Rp226.553.000. Dana tersebut akan digunakan untuk membantu masyarakat Palestina yang membutuhkan, termasuk untuk rekonstruksi infrastruktur yang hancur akibat konflik.

“Kita mengapresiasi partisipasi dan dukungan besar dari masyarakat Muaraenim dalam aksi ini. Keberhasilan aksi kemanusiaan ini diharapkan dapat menjadi pijakan untuk terus berkontribusi dalam upaya membela hak asasi manusia dan perdamaian di seluruh dunia,” ungkapnya.

Aksi kemanusiaan ini mendapat respons positif dari masyarakat Muaraenim dan sekitarnya. Banyak yang mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan dalam menunjukkan solidaritas dan kepedulian terhadap masyarakat Palestina.

“Kami sangat mendukung aksi ini. Kami merasa terpanggil untuk berbagi dengan saudara-saudara kita di Palestina yang sedang tertindas. Kami berharap aksi ini dapat membawa dampak positif bagi perjuangan mereka,” kata Tahta, salah satu peserta aksi.

Aksi kemanusiaan ini berlangsung dengan tertib dan lancar. Tidak ada insiden yang mengganggu jalannya acara. Para peserta aksi tampak mengenakan atribut bercorak bendera Indonesia dan bendera Palestina. Usai acara, para peserta juga membersihkan sampah di lokasi jalannya aksi.(**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.