Pupuk Bogasi Bumdes Desa Tanjung Raja Muaraenim Jadi Terinovatif Kedua se-Sumsel

BUM Desa Tanjung Raja meraih penghargaan BUMDES Terinovatif kedua di Sumsel

Muaraenim, Sumselupdate.com — Prestasi membanggakan berhasil diraih Kabupaten Muaraenim dengan memborong berbagai kategori penghargaan inovator terbaik se-Sumatera Selatan.

Salah satunya, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Tanjung Raja Kecamatan Muaraenim, berhasil mengharumkan nama Kabupaten Muaraenim dengan menyabet penghargaan Bumdes Terinovatif kedua se-Sumsel melalui usaha inovasi pupuk bogasinya.

Bacaan Lainnya

Penghargaan yang bertajuk Penganugerahan Inovator Sumatera Selatan 2020 dihelat dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-25.

Gubernur Sumsel H Herman Deru menyerahkan langsung penghargaan kepada para Inovator terbaik se-Sumsel, bertempat di Griya Agung Kota Palembang, Senin malam (07/12/2020).

Turut hadir pada kesempatan itu, Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH didampingi Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muaraenim Hj Nurhilyah Juarsah serta tamu undangan lainnya.

“Alhamdulillah, Bumdes Desa Tanjung Raja berhasil meraih peringkat kedua pada ajang ini,” tutur Kepala Desa (Kades) Tanjung Raja Hisuliadi, Rabu (09/12/1010) saat dibincangi awak media.

Prestasi ini, kata Hisuliadi, tidak terlepas dari peran serta dan dukungan masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, salah satunya melalui usaha pupuk bogasi yang dikelola oleh Bumdes.

“Kita berharap melalui prestasi ini, bisa mendapat dukungan yang besar dari perusahaan disekitar kita seperti PTBA dengan menjadi pemasok pupuk bogasi untuk penghijauan pasca tambang,” harapnya.

Hisualidi menambahkan, selain prestasi di bidang Bumdes. Desa Tanjung Raja juga berhasil menyabet penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas kesuksesan dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap satu.

“Semoga prestasi ini, bisa memotivasi Pemdes Tanjung Raja untuk semakin meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amrullah Jamaluddin SE menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas capaian prestasi yang diraih para inovator asal Kabupaten Muaraenim.

“Saya berharap akan banyak bermunculan inovator-inovator lainnya sehingga mampu berkontribusi dalam mendukung pembangunan daerah,” harap Juarsah.

Berdasarkan pantauan, Selain Bumdes Desa Tanjung Raja Kecamatan Muaraenim, Kabupaten Muaraenim juga menyabet penghargaan lainnya yakni, terbaik II Isteri Kades/Lurah Terinovatif dari Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul. Terbaik III diraih Bumdes Desa Cahaya Alam, Kecamatan Semende Darat Ulu melalui inovasi saos tomatnya.

Lalu, terbaik II Pengelola Koperasi Terinovatif diraih Koperasi Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang. Dan terakhir, terbaik III Teknisi Bengkel Inovatif oleh Obi Parulian Siregar dari Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul.

Selanjutnya, Terbaik III Guru SD Terinovatif atas nama Juni Riskiana Putri S Pd dari SDN 3 Lubai, Terbaik IV Nurdiansah Arsen S Pd dari SD Lematang Lestari PT TEL Desa Banuayu Kecamatan Empat Petulai Dangku.

Lalu, Terbaik VI Eni Sutriana S Pd dari SDN 12 Rambang. Kemudian Terbaik IV Masyarakat Umum Terinovatif diraih Febri Feriansyah dari Desa Karang Jaya, Kecamatan Muaraenim.(dan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.