Polisi Australia Terekam Berkata Rasis Kepada Seorang Pengendara

Carlingford, Sumselupdate.com – Kepolisian New South Wales (NSW) Australia, sedang menyelidiki sebuah video pada hari Natal yang memperlihatkan seorang petugas berkata kepada seorang pengemudi untuk “kembalilah ke China” sebelum mendorongnya.

Rekaman itu diunggah ke Facebook oleh pria Sydney bernama Caleb Strik dan menunjukkan seorang polisi senior yang berdiri di samping mobil Toyota Camry selama perhentian lalu lintas di wilayah Carlingford.

Bacaan Lainnya

Petugas bertanya kepada pengemudi “Dari mana Anda berasal?”.

Jawaban pengemudi tidak terdengar, kemudian petugas menggelengkan kepalanya dan berkata, “kembalilah ke China”.

Petugas itu kemudian memegang tanda “Stop Police” (berhenti polisi) dan bertanya kepada pengemudi apakah ia bisa membacanya sebelum masuk melalui jendela samping pengemudi untuk mendorongnya.

Kepolisian NSW mengatakan mereka mengetahui video itu dan sedang menyelidiki insiden tersebut.

Si pengunggah, Caleb Strik, juga mengunggah video dirinya yang melabrak petugas itu di tempat parkir di seberang jalan dan menuduh polisi itu melakukan perbuatan rasis terhadap si pengemudi.

“Anda memukulnya dan Anda juga mengatakan kepadanya ‘kembali ke China’. Saya melihatnya di video,” kata Strik.

Dalam video itu, sang polisi senior menolak Strik. “Ini tak ada hubungannya dengan Anda… menjauhlah, Anda melecehkan saya,” kata polisi senior itu.

Strik kemudian beralih ke Polisi lain dan bertanya apakah ia melihat polisi senior itu memukul sang pengemudi dan menggunakan bahasa kasar.

“Apa hubungannya dengan Anda?” tanya polisi lain kepada Strik.

“Bagaimana Anda bisa melakukan itu? Anda adalah seorang petugas polisi?” balas Strik.

Video yang ditonton lebih dari 1 juta orang itu memicu tanggapan kesal di media sosial. Banyak yang memuji Strik karena ikut campur tangan atas nama sang pengemudi. (adm3/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.