Pidsus Kejari Lubuk;inggau Dalami Dugaan Aliran Dana Kepada Ketua Bawaslu Sumsel

Suasana sidang dana hibah Bawaslu Muratara di Pengadilan negeri Tipikor klas 1A khusus Palembang, belum lama ini.

Palembang, Sumselupdate.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Lubuklinggau segera mendalami dugaan aliran dana hibah Bawaslu Muratara tahun 2019-2020 mengalir kepada Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto sebesar Rp200 juta.

“Dari awal penyidik sudah sudah mendalami. Makanya dia dihadirkan di persidangan, karena ada dugaan aliran dana dari Bawaslu Muratara ke Ketua Bawaslu Sumsel. Itu menurut pengakuan tersangka,” kata Kasi Pidsus Kejari Lubuk Linggau, Yuriza Antoni, SH, MH melalui sambungan seluler, Selasa (16/8/2022).

Read More

Menurut Yuriza, Iin Irwansyah dijadikan saksi dalam kasus dugaan korupsi dana hibah Bawaslu Kabupaten Muratara tahun 2019-2020, karena ada keterangan tersangka yang menyebutkan dia (Iin Irwansyah) menerima aliran dana tersebut.

Saat ini pihaknya lagi mengumpulkan bukti-bukti dan mendalami hasil proses persidangan Ketua Bawaslu Sumsel sebagai saksi.

“Jadi kalau ada bukti baru, kita langsung proses,” tegasnya.

Untuk diketahui, dalam sidang yang digelar Selasa (9/8/2022) lalu, terungkap adanya dugaan sejumlah aliran dana yang diberikan oleh terdakwa komisioner Bawaslu Kabupaten Muratara kepada Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwansyah yang dihadirkan langsung jaksa Kejari Lubuklinggau sebagai saksi di Pengadilan negeri Tipikor klas 1A khusus Palembang.

Saat persidangan, saksi Iin Irwansyah banyak dicecar berbagai pertanyaan tim penasihat hukum terdakwa di antaranya terdakwa Tirta Arisandi, Siti Zahro serta Aceng Sudrajat perihal terkait adanya pemberian uang senilai Rp200 juta.

Pertanyaan serupa juga dilontarkan Hakim Ketua Efrata Happy Tarigan, SH, MH, karena dijelaskan dalam BAP terdakwa Tirta Arisandi, Siti Zahro, dan Aceng Sudrajat menjelaskan penyerahan uang kepada saksi Iin Irwansah di sebuah rumah makan.

Namun saksi Iin Irwansyah bergeming, dengan tetap mengatakan tidak ada penerimaan atau penyerahan uang apapun kepada dirinya sebagai Ketua Bawaslu Sumsel. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.