Penanggulangan Karhutla Menjadi Tugas Bersama

Beni Hernedi

Sekayu, Sumselupdate.com – Upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak baik pemerintah pusat, pemprov, pemerintah kabupaten/kota, swasta, TNI/Polri serta masyarakat.

Kerja bareng ini sebagaimana telah diamanatkan dalam Inpres Nomor 16 Tahun 2011 tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan. Selain itu, arahan Presiden Joko Widodo terkait dengan kebakaran lahan dan hutan juga perlu ditindak lanjuti bersama-sama.

Bacaan Lainnya

Demikian diutarakan oleh Plt Bupati Muba, Beni Hernedi, pada acara pembukaan Diklat Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) berbasis Masyarakat di Aula Wisma Atlet Sekayu, Kamis (10/3).

“Dengan adanya pelatihan ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan, mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang karlahut, serta diharapkan mampu melakukan pencegahan, memadamkan, penanganan pasca karlahut,” jelasnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) ini mengatakan, peranan masyarakat dalam pengendalian kebakaran lahan dan hutan juga menjadi sangat penting.

“Peningkatan kemampuan tentang pengendalian kebakaran lahan dan hutan bagi masyarakat harus terus kita tingkatkan, dengan harapan masyarakat dapat menjadi pilar utama dalam upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan,” tuturnya.

Untuk itulah, lanjut Beni saya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pekanbaru serta United Nation Development Program (UNDP) yang telah menginisiasi pelaksanaan Diklat Pengendalian kebakaran lahan dan hutan berbasis masyarakat di Muba ini.

Sementara itu, kepala Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pekanbaru, Puji Iswari Shut Msi, menjelaskan bahwa ini merupakan bukti keseriusan berbagai pihak, khususnya pemerintah baik pusat dan daerah serta pihak terkait lainnya dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Di lain pihak, ini juga tidak terlepas dari peran serta UNDP dalam menciptakan SDM yang kompeten dan profesional melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan serta sikap kerja Aparatur Desa dan Masyarakat, sehingga dapat memberikan kontribusi positif untuk menjamin kelestarian sumber daya alam dan lingkungannya,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan ini perwakilan UNDP, Kepala Balai Diklat Lingkungan Hidup dan kehutanan Pekanbaru Puji Iswari SHut Msi, Dandim 0401 Letkol Inf Ignatius Wiwoho Plt kepala dinas Kehutanan Muba H Sumatro dan 90 orang peserta diklat. (est)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.