Pemkot Palembang Ajukan Exit Tol Keramasan, Ini Alasannya

Walikota Palembang Harnojoyo.

Palembang, Sumselupdate.com – Setelah diresmikannya Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung, Presiden Joko Widodo meminta jalur ini harus dimanfaatkan untuk menghubungkan dengan sentra ekonomi. Oleh karena itulah, Pemerintah Kota Palembang pun mengajukan exit tol di Keramasan.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Palembang, Harnojoyo usai melakukan video conference via zoom dengan Kepala Staf Kepresidenan RI, di Rumah Dinas Walikota Palembang, Rabu (27/1/2021).

Bacaan Lainnya

Harnojoyo mengatakan, Pemerintah Kota Palembang saat ini tengah mengajukan penambahan exit tol di Keramasan. Dipilih exit tol di Keramasan lantaran kawasan industri ada di sana dan di Karyajaya, jadi cukup strategis.

“Tadi kita melakukan vidcon dengan kepala staf kepresidenan. Dalam arahannya mengatakan keberadaan jalan tol seperti sering diungkapkan Presiden Jokowi harus dimanfaatkan untuk menghubungkan langsung ke sentra ekonomi,” katanya.

Ia menambahkan, sudah disiapkan untuk exit tol ini lebar 25×3 meter. Keberadaan exit tol ini sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Kota Palembang. Nantinya pun akan terhubung ke pusat perkantoran terpadu Gubernur dan Walikota yang lahannya sudah siap di Karyajaya.

“Apalagi exit tol ini akan menghubungkan jalan negara dan akan ke kantor Gubernur dan Walikota nantinya,” katanya.

Menurutnya, beberapa waktu lalu, ia telah mengusulkan jalan tol di kawasan Gandus dan saat ini setelah dilakukan evaluasi keberadaan exit tol di Kota Palembang perlu ditambah lagi di Keramasan.

“Mengapa di Keramasan?, karena kawasan industri Kota Palembang, luasnya 800 hektar berada di Keramasan dan Karyajaya. Jadi kalau memang langsung masuk ke pusat kawasan industri akan bermanfaat baik,” katanya.

Rencana ini, disambut baik oleh pemerintah pusat dan secepatnya pihaknya akan membuat surat pengajuan ke Kementrian terkait.

“Sebenarnya usulan ini sudah kita usulkan sejak April 2020 lalu dan sudah kita tindak lanjuti di Desember 2020 lalu. Dan ini akan kita langsung kita tindaklanjuti lagi karena sudah mendapat dukungan dari staff Kepresidenan tadi,” katanya.

Ia menjelaskan untuk lahan, sudah tidak ada kendala karena lahan yang akan digunakan ini sudah ada. “Jalan ini sudah clear dan siap dibangun karena kita sudah mendapatkan hibah dari masyarakat. Ini keuntungan kita,” katanya. (Iya).

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.