Pemkab Muaraenim Siap Wujudkan Kabupaten Layak Anak Tahun 2021

Pj Sekda Muaraenim Emran Tabrani

Laporan Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim serius dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021. Hal ini disampaikan langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muaraenim Emran Tabrani, Selasa (22/06/2021) dalam Rapat Evaluasi Persiapan Penilaian yang akan dilakukan oleh Tim verifikasi lapangan KLA pada 29 juni mendatang.

Bacaan Lainnya

Sekda didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Vivi Mariani menginstruksikan kepada Dinas Instansi terkait termasuk Pemerintah ditingkat kecamatan, Desa atau kelurahan serta Puskesmas dan sekolah yang ada di Kabupaten Muaraenim, untuk segera mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin.

“Kita sampaikan bahwa dalam penilaian tersebut nantinya terdapat beberapa indikator yang harus terpenuhi, diataranya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), terdapat zona aman sekolah pada tingkat SD dan SMP seperti pembuatan zebra cross pada penyebrangan jalan menuju sekolah, kemudian terwujudnya Puskesmas ramah anak yang menjadi tanggung jawab Kepala Puskesmas masing-masing,” ungkapnya.

Selanjutnya, Sekda menegaskan terciptanya sekolah ramah anak dengan terpenuhinya indikasi yang telah ditetapkan oleh Tim penilai KLA yang langsung dibawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta terciptanya Kecamatan dan Desa atau Kelurahan layak anak.

“Maka dari itu kita meminta kepada semua pihak untuk dapat bekerjasama dengan sebaik mungkin. Kami yakin dengan usaha yang maksimal serta dan dukungan dari semua pihak Pemkab Muaraenim dapat wujudkan Kabupaten layak Anak (KLA) Tahun 2021 mendatang,”tegasnya.

Lebih lanjut, Sekda menegaskan dalam indikator tersebut kita berharap semoga kedepan Kabupaten Muara Enim dapat mewujudkan KLA yang di implementasikan pada kehidupan bermasyarakat secara berkelanjutan dan dapat menginspirasi serta menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya,”ujarnya.

Terakhir Sekda mengatakan juga ada tiga hal yang dijadikan kunci kesuksesan.

“Tiga hal yang menjadi kunci dari KLA yakni anak dapat merasa aman, bahagia serta sejahtera,” pungkasnya.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.