Sudah Vaksinasi Lengkap Tapi Prof Wiku Masih Positif Covid-19, Apa Sebabnya?

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

Jakarta, Sumselupdate.com – Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 meski sudah divaksin lengkap sebanyak dua kali.

Wiku menyatakan hal ini membuktikan bahwa vaksin memang tidak sepenuhnya melindungi, protokol kesehatan dan imunitas tubuh tetap harus dijaga selama pandemi belum terkendali.

Bacaan Lainnya

“Saya telah memperoleh vaksin lengkap sebanyak dua kali dan saat ini dinyatakan positif Covid-19. Hal ini memperlihatkan bahwa penularan masih ada dan vaksin tidak sepenuhnya melindungi dari penularan,” kata Wiku keterangannya, Selasa (22/6/2021) seperti dikutip dari suara.com jaringan nasional sumselupdate.com.

Meski begitu, Wiku menegaskan bukan berarti vaksin tidak efektif, sebab vaksinasi akan berhasil jika sudah terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity, bukan imunitas individual semata.

“Kekebalan individu tidaklah cukup dalam meredam penularan dan untuk mengatasinya dibutuhkan kekebalan komunitas (herd immunity),” ucapnya.

Wiku sendiri memperkirakan tertular virus corona saat tengah melakukan kunjungan ke sejumlah daerah seperti di Bangkalan dan Kudus.

Padahal, Wiku merasa perjalanan dinas itu sudah dilakukan secara disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Oleh sebab itu, Wiku meminta seluruh masyarakat yang sudah mendapatkan jadwal vaksinasi untuk segera divaksin agar kekebalan kelompok atau herd immunity dapat segera tercapai.

Sejauh ini, pemerintah Indonesia telah memvaksin sebanyak 23.789.884 dosis pertama, dan 12.514.917 orang telah melengkapi dosis kedua vaksin Covid-19.

Total sasaran vaksinasi tahap I dan II ini 40.349.049 orang untuk tenaga kesehatan, lanjut usia, dan petugas pelayan publik. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.