Pelaku Hacker Lubuklinggau Sumsel Diringkus Polda Jawa Timur

Rumah mewah milik pelaku hacker di Lubuklinggau Sumsel [Suara.com/Ansyori Malik]

Lubuklinggau, sumselupdate.com – Dua pelaku hacker di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, ditangkap Polda Jawa Timur (Jatim). Keduanya E dan F yang telah melakukan kejahatan di dunia maya dengan membobol kartu kredit.

Kejahatan yang dilakukan tersebut omsetnya miliaran rupiah. Para pelaku dari hasil itu dapat membeli rumah dan mobil. Salah satunya rumah mewah  yang diduga milik tersangka E di RT 06, Kelurahan Batu Urip, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Read More

Rumah tersebut belum selesai pengerjaaan pembangunannya. Ketua RT 06, Kelurahan Batu Urip, Edwin menjelaskan rumah tersebut dibangun sudah sejak setahun yang lalu. Dia mengira tadinya akan dibangun tempat olahraga nge-gym. Rumah itu di belakangnya dilengkapi dengan fasilitas kolam renang.

“Saya tidak tahu siapa pemiliknya. Sebab dia tidak melapor selamo bangun rumah. Wongnyo jugo dak katek disitu kareno belom pindah,” ungkapnya, dikutif dari suara.com (jaringan nasional sumselupdate.com).

Edwin menambahkan, rumah tersebut hingga sekarang belum selesai dibangun. Pembangunan sejak setahun yang lalu berjalan. Warga mengira bahwa pemilik rumah merupakan seorang youtuber.

“Kito dak tahu kalo hacker. Aku jugo ngiro kalo rumah itu temapt nge-gym,” timpa Ketua RT

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi membenarkan adanya dua warga Lubuklinggau yang ditangkap Polda Jatim. Penangkapan tersebut berdasarkan hasil lidik, keduanya melakukan carding atau bobol kartu kredit.

“Dia melakukan, bermain carding, hacker. Itu kejahatan dunia maya dan hasilnya pun banyak dibelikan rumah dan dibelikan mobil. Semuanya sudah disita oleh Polda Jatim,” jelasnya.

Kedua tersangka ditambahkannya sudah dibawa ke Polda Jatim, termasuk juga dengan membawa barang buktk tiga unit mobil jenia Pajero, HRV dan Yaris. Sedangkan rumah pelaku sudah diberi garis polisi.

“Omsetnya ini miliaran. Mereka belikan rumah terus beli mobil. Mereka pemain semua sudah lima tahun,” terang Kapolres. (sur)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.