Paskibraka OKU Masuk Karantina

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten OKU mulai masuk masa karantina

Baturaja, Sumselupdate.com – Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten OKU mulai masuk masa karantina. Ya berbeda karantina sebelumnya, untuk tahun 2016 ini anggota Paskibraka OKU dikarantina di Hotel Sherin, Jl Lintas Sumatera, Baturaja.

Kepala bidang (Kabid) Pemuda, Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten OKU, Iwan Setiawan, mengatakan, karantina anggota Paskibraka di Hotel, merupakan kali pertama terjadi. Ini dikarenakan, aset gedung milik Pemerintah daerah setempat full digunakan. Alias tak ada yang kosong.

Mereka (anggota Paskibraka,red) sudah masuk masa karantina dan mulai wajib menginap di Hotel Sherin sejak Sabtu malam (30/7) tempo hari. Tapi pembukaan masa karantina baru akan dilakukan Senin malam ini mengingat waktu masuk bertepatan dengan akhir pekan.

Masa karantina berlangsung 20 hari dimana akan berakhir 18 Agustus mendatang. Selama itu, jelas Iwan, anggota Paskibraka dilarang untuk pulang ke rumah, tidak boleh membekali diri dengan sarana komunikasi, dan tidak boleh dikunjungi orangtuanya kecuali malam Minggu.

Mereka juga tidak diperbolehkan membawa atau membeli makanan dari luar. Termasuk juga menerima makanan yang dibawa orangtuanya saat berkunjung malam Minggu sesuai jadwal. Sebab, menurut Iwan, ini untuk menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi sesuai standar medis.

“Kalau buah-buahan masih diperbolehkan dibawa pengunjung untuk peserta karantina. Tapi yang makanan lainnya sudah disiapkan panitia yang sesuai standar medis guna menjaga kondisi kesehatan dan daya tahan fisik adik-adik Paskibraka,” imbuhnya.

Pada masa ini, selain latihan fisik rutin, peserta juga nanti akan mendapat pembekalan mental dari berbagai instansi. Terutama pembekalan materi penyalahgunaan narkoba. Pamaterinya masing-masing Bupati OKU, Dandim OKU, Kajari OKU, Kapolres OKU, Ketua KNPI OKU, Disdik OKU, dan Dinkes OKU.

Untuk latihan fisiknya, Iwan menerangkan saat ini peserta digenjot dengan pemantapan latihan baris-berbaris dan formasi. Latihan fisik dikoordinir Kapten TNI Surasa dan dari Polres OKU Ipda Fausiah Tamal sebagai Wakil Koordinator.

Diketahui sebanyak 36 anggota Paskibraka, Kabupaten OKU, kini telah memasuki masa karantina.

Seperti tahun tahun sebelumnya, pelajar yang terpilih untuk bertugas mengibarkan bendera merah putih pada puncak peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 71 tanggal 17 Agustus 2016 mendatang, diwajibkan menginap di lokasi karantina. (Yan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.