Pansel Jabatan Sekda Muaraenim Segera Dibentuk

Kepala BKPSDM Muaraenim Harson Sunardi

Laporan Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com — Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muaraenim akan berkahir pada 31 Januari 2021 mendatang. Maka itu, Pemkab Muaraenim segera akan membentuk tim Panitia seleksi (Pansel) guna menyeleksi ASN yang masuk kriteria untuk menduduki jabatan ini.

Bacaan Lainnya

Kepala BKPSDM Muaraenim Harson Sunardi saat dihubungi media ini melalui pesan singkatnya menerangkan, pihaknya telah mengirimkan surat permintaan ke empat instansi yaitu Unsri, UIN dan Kemensos serta progresnya pengusulannya sampai hari ini masih menunggu persetujuan KASN.

“Untuk menjadi tim Pansel Sekda Muaraenim, biasanya akan ada nama yang ditunjuk dari instansi masing-masing untuk mewakili instansi yang bersangkutan menjadi tim Pansel. Dimana Tim Pansel ini nantinya akan terdiri dari Unsri, UIN dan Kemensos yang diwakili masing – masing satu orang, sedangkan dari Pemrov Sumsel sebanyak dua orang,”ungkapnya, Rabu (13/01/2020) saat dihubungi media ini melalui ponselnya.

Lanjut Harson, setelah tim Pansel Sekda Muaraenim terbentuk, tim ini akan menyeleksi nama-nama ASN yang masuk ke Pansel.

“Ketika tim ini dibentuk, maka akan melakukan seleksi terhadap nama yang masuk, baik itu dari lingkup Pemkab Muaraenim maupun dari luar,” jelasnya.

Ditambahkan Harson, jika melihat dari aturan dasar ada 23 orang pejabat dii lingkup Pemkab Muaraenim yang memenuhi kriteria ini.

“Kalau dari aturan ada 23 ASN yang memenuhi kriteria. Namun jika Pansel menetapkan aturan tambahan yang tidak melanggar undang-undang, misalnya harus pernah menjabat dua kali jabatan eselon II, maka yang berpeluang maju menjadi calon Sekda ada 9 orang yang ada di lingkup Pemkab Muaraenim. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan ada dari daerah lain yang juga akan ikut,”urainya.

Lebih lanjut Harson mengatakan, setelah Pansel melakukan seleksi, nantinya ada tiga nama yang akan diusulkan kepada Bupati Muaraenim.

“Siapa yang akan terpilih itu tergantung bupati dari tiga nama yang diusulkan nantinya,”jelas Harson.

Sementara itu, Bupati Muaraenim H Juarsah saat disambangi awak media membenarkan Pemkab Muaraenim melalui BKPSDM Muaraenim sudah membuat surat permintaan kepada Unsri, UIN, Pemprov Sumsel dan Kemensos untuk menjadi tim Panitia Seleksi Sekda Muaraenim.

“Benar kita telah mengirimkan surat ke empat lembaga tersebut melalui BKPSDM untuk menjadi Pansel Sekda Muaraenim,” kata Juarsah.

Terakhir Juarsah berharap seleksi sudah bisa dilaksanakan dalam waktu dekat, sehingga ketika
jabatan Sekda yang lama berakhir pejabat Sekda yang baru sudah ada .

” Jabatan Sekda ini sangat penting dan strategis, karena itu kita berharap tidak terjadi kekosongan. Maka itu kita telah melakukan langkah ini dengan membentuk Pansel serta meminta persetujuan KASN,” pungkasnya.

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.