Oknum Pegawai Bank Plat Merah Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Nasabah Rp 6,4 Miliar

Penulis: - Jumat, 15 Desember 2023
Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sumsel, Vanny Yulia Eka Sari, SH, MH.
Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sumsel, Vanny Yulia Eka Sari, SH, MH.

Palembang, Sumselupdate.com — Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Kejati Sumsel) menetapkan AT, oknum pegawai bank plat merah, sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana nasabah sebesar Rp 6,4 miliar. Penetapan tersangka ini dilakukan berdasarkan dua alat bukti permulaan yang cukup.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumsel, Vanny Yulia Eka Sari, mengatakan bahwa AT merupakan pegawai aktif salah satu bank plat merah yang beroperasi di wilayah Sumsel. AT diduga melakukan tindak pidana korupsi dana nasabah pada periode 2022-2023.

“Penetapan tersangka ini berdasarkan arahan dari Jaksa Agung dan Menteri BUMN dalam rangka program bersih-bersih BUMN. Tim penyidik bidang pidana khusus Kejari Sumsel telah menetapkan AT sebagai tersangka dengan surat nomor TAP 19/L.6/Fd -1/12/2023,” ujar Vanny, Jumat (15/12/2023).

Vanny menjelaskan bahwa perbuatan AT melanggar ketentuan hukum pidana korupsi. “Adapun pasal yang disangkakan kepada tersangka adalah Pasal 2 ayat (1) junto Pasal 18 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi, atau Pasal 3 junto Pasal 18 Undang-undang Tipikor, atau Pasal 8 junto Pasal 18 Undang-undang Tipikor,” katanya.

Advertisements

Menurut Vanny, modus yang dilakukan AT adalah mengatasnamakan nasabah sehingga membuka rekening dan ATM nasabah dan mengaktifkan mobile banking nasabah. Dengan cara ini, AT dapat dengan leluasa menarik uang para nasabah dalam jangka waktu satu tahun.

Dalam perkara ini, tim penyidik telah memeriksa 24 orang saksi, baik dari pihak bank, nasabah, maupun pihak lain yang terkait.

Vanny menambahkan bahwa pihaknya belum dapat mengungkapkan identitas lengkap tersangka dan bank plat merah yang dimaksud karena masih dalam kepentingan penyidikan.

“Karena masih dalam kepentingan penyidikan nanti akan kami update lagi perkembangannya,” tutupnya(**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.