Nasrun Umar Lantik Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkup Pemkab Muaraenim

Penjabat Bupati Muaraenim H Nasrun Umar melakukan pelantikan terhadap para pejabat struktural dan fungsional dilingkup Pemkab Muaraenim di Balai Agung Serasan Sekundang, Jumat (15/10/2021).

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Penjabat Bupati Muaraenim H Nasrun Umar melakukan pelantikan terhadap para pejabat struktural dan fungsional dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim di Balai Agung Serasan Sekundang, Jumat (15/10/2021).

Read More

Pelantikan ini dilakukannya sebagai bentuk dinamisasi dan penyegaran serta penyesuaian kebutuhan di setiap OPD daj instansi yang ada di lingkup Pemkab Muaraenim.

“Pelantikan pejabat struktural maupun fungsional yang dilaksanakan pada hari ini merupakan hal lumrah dan suatu keharusan yang pasti terjadi dalam sebuah organisasi. Hal ini merupakan bagian dari dinamisasi, proses penyegaran dan penyesuaian kebutuhan personel dalam Pemkab Muaraenim,” ungkap HNU dalam sambutannya.

Dikatakannya, pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat ini dilakukan dalam rangka mengisi jabatan struktural yang sudah lama kosong karena pejabat sebelumnya memasuki batas usia pensiun, perubahan nomenklatur, mutasi terhadap pejabat yang telah memangku jabatan lebih dari lima tahun dan juga untuk kepentingan pengembangan organisasi.

Penjabat Bupati Muaraenim H Nasrun Umar melakukan pelantikan terhadap para pejabat struktural dan fungsional dilingkup Pemkab Muaraenim di Balai Agung Serasan Sekundang, Jumat (15/10/2021).

“Dengan demikian hal ini dilaksanakan tak lebih sebagai upaya menjaga keberlangsungan roda organisasi agar dapat bekerja dengan baik. Di samping itu pula dimaksudkan untuk memberi kesempatan promosi bagi aparatur sipil negara yang telah layak dan memenuhi syarat menduduki jabatan struktural maupun fungsional,” ujar dia.

Lebih lanjut HNU mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan hari ini terlaksana karena sudah mendapat izin maupun legalitas dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 821/6144/Otda tanggal 24 September 2021 perihal Persetujuan Pengangkatan, Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional Kepala Puskesmas di Pemkab Muaraenim.

“Adapun rinciannya, yaitu pengukuhan karena perubahan struktur organisasi sebanyak 34 orang, mengisi jabatan yang lowong sebanyak 160 orang, mutasi jabatan sebanyak 57 orang, perubahan jabatan dari struktural menjadi fungsional sebanyak 22 orang,” bebernya.

Kemudian ia menambahkan, pejabat fungsional tersebut merupakan pejabat pada perangkat daerah yang  mengalami perubahan nomenklatur diantaranya Puskesmas, RSUD dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Muaraenim.

“Khususnya yang akan bertugas di puskesmas, hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 tahun 2019 tentang Puskesmas,” urainya.

Dijelaskannya bahwa puskesmas dipimpin oleh pejabat fungsional kesehatan dengan diberi tugas tambahan sebagai kepala puskesmas.

“Harapannya dengan dipimpin oleh pejabat fungsional, Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang profesional, promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif secara optimal,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga tekankan bahwa kedudukan dan jabatan bagi seorang pegawai negeri sipil merupakan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab, baik tanggung jawab kepada pimpinan, masyarakat, negara maupun di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Tamu dan undangan yang hadir dalam pelantikan terhadap para pejabat struktural dan fungsional dilingkup Pemkab Muaraenim di Balai Agung Serasan Sekundang, Jumat (15/10/2021).

“Oleh sebab itu saya mengingatkan agar amanah dan kepercayaan ini hendaknya dijaga dan diimbangi dengan kejujuran, keikhlasan serta prestasi kerja. Laksanakan pekerjaan dengan penuh komitmen, berintegritas dan tanggung jawab moral dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Muaraenim demi mewujudkan visi Kabupaten Muaraenim yang Merakyat, yaitu Muaraenim untuk rakyat yang agamis, berdaya saing, sehat, mandiri dan sejahtera,” terangnya.

Selain itu pula sebagai pejabat, saudara diminta untuk memberikan contoh baik kepada masyarakat, terutama dalam penerapan disiplin protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.

“Selamat bekerja dan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Semoga semua usaha maupun niat baik kita bernilai ibadah dan dipermudah oleh Allah SWT Amin Ya Rabalalamin,” pungkasnya. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.