Musrenbang Talang Ubi Jaring 150 Usulan, Dewan Minta ‘Eksekusi’ Pembangunan Prioritas

Foto bersama.

PALI, Sumselupdate.com – Warga Kecamatan Talang Ubi, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyampaikan setidaknya 150 usulan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang digelar di Halaman Kantor Camat Talang Ubi, Senin (15/2/2021). Apa yang jadi prioritas akan direalisasikan pada 2022 nanti.

Dijelaskan Camat Talang Ubi, Hardin, usulan dari masyarakat pada Musrenbang kali ini dilakukan melalui tiga cara.

Bacaan Lainnya

“Usulan disampaikan melalui aplikasi SIPD yang disiapkan oleh Bappeda PALI, jadi pemerintah desa menyampaikan usulan, maksimal lima usulan ke SIPD. Namun, proses pengusulan itu sudah berakhir pada 7 Februari 2021 lalu,” jelas Hardin.

Selanjutnya, usulan bisa disampaikan masyarakat ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau melalui usulan aspirasi DPRD PALI.

“Cara selanjutnya bisa melalui proposal yang diajukan ke OPD dan atau melalui aspirasi Anggota DPRD PALI,” kata Camat Talang Ubi.

Lebih jauh Sekretaris Bappeda PALI, Supawi Bakir menambahkan, usulan Musrenbang yang telah disampaikan diperuntukkan untuk 2022 mendatang.

“Namun pengesahan dilakukan di tahun 2021. Alurnya, dari Musrenbang tingkat dusun, kemudian tingkat desa, RKPDes, kemudian pada Februari ini dilaksanakan tingkat kecamatan, baru kemudian pada Mei tingkat kabupaten. Dan pada tahun ini merupakan Musrenbang terakhir untuk RPJMD 2016-2021,” terangnya.

Melihat kondisi saat ini, Wakil Ketua DPRD PALI, Irwan, meminta penyusunan perencanaan sebaiknya berdasarkan skala prioritas di tengah wabah pandemi Covid-19.

Politisi partai Golongan Karya (Golkar) itu juga meminta agar usulan dari tokoh masyarakat, RT, RW, Kadus hingga Kepala Desa bisa menjadi kerangka acuan dalam pembangunan 2022.

“Jadi, ini bukan hanya formalitas saja. Benar-benar menjadi kerangka acuan. Pembangunan berdasarkan skala prioritas, apa yang menjadi kebutuhan penting masyarakat, itu yang dibangun, sehingga pembangunan benar-benar yang diinginkan masyarakat dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Sekadar untuk diketahui, pada Musrenbang ini, dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Sunardin, Wakil Ketua DPRD PALI, Irwan, Sekretaris Bappeda, sejumlah anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) 1, Kecamatan Talang Ubi, Supawi Bakir, Camat Talang Ubi, Hardin, serta Danramil Talang Ubi. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.