Muaraenim Target Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021

Rapat evaluasi gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Muaraenim.

Muaraenim, Sumselupdate.com – Pemerintah daerah kabupaten Muaraenim bertekad meraih penghargaan kabupaten layak anak (KLA) tahun 2021. Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Muaraenim Drs Emran Tabrani, MSi, saat memimpin rapat evaluasi gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Muaraenim untuk pengisian indikator evaluasi KLA Tahun 2021, Senin pagi (22/03/2021) di Ruang Rapat Serasan Sekundang.

Pada kesempatan ini, Plt Sekda Muaraenim Emran Tabrani berharap motivasi, dorongan, dan bantuan, dari segenap unsur pemerintahan juga masyarakat, untuk bisa membantu dan saling bekerjasama agar tercipta pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, dan juga melibatkan anak dalam pembangunan serta menjadikannya sebagai subyek dan bukan objek.

Read More

“Tujuan utama dari KLA ini adalah untuk membangun inisiatif pemerintah Daerah yang mengarah pada upaya transformasi dan konvensi hak-hak anak. Oleh sebab itu kita menekankan kepada semua pihak terkait untuk bersama bersinergi dalam menyatukan pemikiran sehingga KLA dapat terwujud di Bumi Serasan Sekundang yang kita cintai ini,” ungkap mantan Kadin DPMD ini.

Lebih lanjut Emran menyampaikan bahwa untuk menjadikan Kabupaten Muaraenim sebagai Kabupaten Layak Anak, banyak hal yang harus direncanakan dan dipersiapkan, salah satunya dengan mengutamakan hak anak dalam kebijakan program dan kegiatan pembangunan yang dimulai dari tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dengan mengacu pada prinsip hak-hak anak yang dilakukan oleh UNICEF.

“Besar harapan kita melalui momentum baik ini bukan hanya penghargaan yang menjadi prioritas utama, melainkan agar menjadikan Kabupaten Muaraenim sebagai Kabupaten yang dapat menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak melalui sistem
pembangunan berbasis hak anak, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan dan program Pemerintah Daerah,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Muaraenim Vivi Mariani menyampaikan siap untuk mendukung terwujudnya KLA di Bumi Serasan Sekundang.

“Untuk itu dirinya akan segera bersisergi bersama unsur terkait dengan cara melakukan komitmen, membentuk gugus tugas, mengumpulkan data basis, menyusun rencana aksi daerah, mengadakan pemantauan dan evaluasi, serta melakukan pelaporan,” pungkasnya. (dan)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.