Di Mura, Minat ke SMK Masih Kurang

Kepala Disdik Mura, Sukamto

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Musi Rawas (Mura) masih sangat kurang. Meski begitu, Dinas Pendidikan (Disdik) Mura, hingga kini terus gencar melakukan sosialisasi, agar siswa berminat bersekolah di sekolah kejuruan.

Kepala Disdik Mura, Sukamto menjelaskan, selain kekurangan siswa, salah satu permasalahan yang dihadapi pihaknya, yakni minimnya minat pelajar ke SMK, seperti terjadi di beberapa SMK yang tersebar di Kabupaten Mura.

Bacaan Lainnya

“Salah satunya, karena di Mura tidak merata penduduknya. Tapi, itu bukan penyebab utama, sebab kurangnya pemahaman orang tua di sini tentang keunggulan SMK yang menjadi kendala,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, di beberapa SMK yang didominasi penduduk pendatang dari Jawa, biasanya memahami bahwa SMK sama unggulnya dengan SMA, sehingga baik itu siswa dan orang tua banyak juga yang memilih SMK sebagai sekolah lanjutan.

“Seperti di Kecamatan Tugumulyo, peminatnya cukup banyak, sedangkan di kecamatan lain masih kurang diminati. Tapi, sosialisasi ada terus, kita juga rutin sampaikan dalam rapat komite dan rapat kecamatan, agar orang tua tidak ragu menyekolahkan anak ke SMK,” ungkapnya. (Ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.