Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Resmikan Pembukaan OSN di Sumsel

Senin, 16 Mei 2016
Kegiatan OSN Tahun 2016 Dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI), Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs Widodo di Palembang Sport and Convention Center (PSCC). Senin (16/5)

Palembang, Sumselupdate.com – Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kompentensi siswa yang berkompeten dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan OSN Tahun 2016 Dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI), Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Drs Widodo di Palembang Sport and Convention Center (PSCC). Senin (16/5)

Dalam sambutannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan mengatakan, kegiatan OSN diisih oleh Putra -putri terbaik di Indonesia yang berkompetensi di Provinsi Sumsel. “Siswa yang bekompetensi ini akan menjadi harapan kita di masa depan,” ujarnya

Anis menambahkan, sains ini merupakan karakter-karakter yang tumbuh seperti kebiasaan untuk punya rasa ingin tahu dan bekerja keras. “untuk itu anda harus menjadi pilar untuk memunculkan rasa ingin tahu serta bereksperimen. Menurutnya, kalau untuk eksperimen tak harus dikerjakan dilaboratorium akan tetapi dikerjakan dilingkungan sehari-hari.

“Dari kegiatan OSN inilah kita mengembalikan intergritas dalam pendidikan, kita tunjukan dan buktikan berbasis prestasi, mari kita percaya diri sebab tanggung jawab kita besar, dari kegiatan sains ini juga tumbuhkan kepemimpinan dan kita membutuhkan metode ilmiah yang menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bangsa ini karena anda adalah harapan kami untuk masa depan,” lanjut Anis

Kami memberikan apresisai kepada Pemerintah Provinsi Sumsel yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. keberhasilan Sumsel bukan hanya dari kegiatan Sains akan tetapi juga keberhasilan dalam menyelenggara Asian Games 2018. Jadi kegaitan OSN ini jalani kerja keras dengan diiringi doa, bahwa dari temapt ini akan muncul sains yang akan mengharumkan nama Indonesia dan Negeri. Pungkas Anis

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki mengatakan, Pemprov Sumsel memberikan apresiasi karena sumsel dipercaya menjadi tuan rumah OSN tahun 2016, semoga kegiatan ini berjalan dengan tertib dan lancar.
“Kami percaya sains ini penting dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), Provinsi Sumsel komitmen mendukung SDM demi masa depan yang berkempimpinan dan pendidikan yang berkualitas. Menurutnya, kegiatan OSN ini juga penting dalam mewujudkan cita-cita bersama, dengan kemampuan teknologi serta pengetahuan teknologi dalam meraih peluang,” tandasnya.

selain itu, Ketua Pelaksana OSN Tahun 2016, Hamit Muhamad melaporkan, kegiatan OSN ini merupakan kegiatan tahunan. OSN ini pun yang ke-15 kalinya digelar, sebelumnya pernah diawali pada tahun 2002 di Provinsi Yogyakarta, kegiatan OSN laksanakan mulai tanggal 15-21 Mei 2016 yang bertujuan untuk membina minat prestasi siswa sekolah dalam pengetahuan dan teknologi serta membina siswa yang jujur, bekerja keras dan tangguh. Oleh karena itu sesuai dengan tema membangun integritas melalui prestasi saine,” ujarnya.

Ia menambahkan, Peserta tahun ini hanya tingkat SD, SMP,SMA serta Madrasah dengan jumlah peserta 1.579 Siswa. “Untuk lomba-lomba OSN yaitu, Matematika, IPA, IPS, Biologi, Kimia, Fisika, Ekonomi, Geografi dan lainnya. Kegiatan OSN dilakukan di beberapa jumlah sekolah seperti, Indoglobal Mandiri, SMK 2 Palembang, SMA 1 Palembang, SMA 2 Palembang, SMA 3 Palembang, SMA Xaverius Palembang dan juga Fakultas Ekonomi Unsri Palembang. Pungkasnya. ery

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.