Mendagri Terima Laporan Rekening Gendut Kepala Daerah

Rekening gendut (ilustrasi)

Jakarta, Sumselupdate.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengakui telah menerima informasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait adanya kecurigaan rekening gendut kepala daerah.

Tjahjo pun mendorong agar kecurigaan rekening gendut segera diusut sehingga tidak menjadi isu liar. Menurutnya, ada sekitar 10 rekening yang saat ini dicurgi kedua lembaga hukum tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami mendapat info saja dari KPK dan PPATK, mengenai rekening yang dalam tanda petik dicurigai,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo usai menghadiri Symposium Smart City 2016 di Gedung Lengkung UGM, Rabu (7/9), dilansir dari laman kemendagri.go.id.

Meski menerima laporan, Tjahjo menjelaskan, pihak Kemendagri tidak memiliki kewenangan untuk menanyakan persoalan tersebut ke kepala daerah. Untuk itu, lanjutnya, sebaiknya pihak PPATK bisa menyerahkan data tersebut ke KPK atau kejaksaan untuk melakukan pengusutan.

“Mendagri tidak punya wewenang menanyakan. Itu tugas PPATK. Data itu bisa diserahkan kepada KPK, atau kejaksaan untuk mengusut,” tegasnya.

Menurut Tjahjo, watak koruptif saat ini tidak pandang bulu. “Ini menjadi keprihatinan saya, bahwa area rawan korupsi harus dipahami dengan baik. Ini bukan muda, tua atau masalah KKN, ini persoalan mentalitas dan kesadaran,” pungkasnya. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.