Membanggakan, Pemuda Muaraenim Raih Beasiswa S2 di Saudi Arabia

Dandi mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan Strata 2 (S2) jurusan Petroleom and Mineral (Perminyakan dan Mineral) di King Fahd University Saudi Arabia.

Laporan Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Tak banyak terpantau prestasi pemuda asal Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan satu ini.

Read More

Pemuda yang cakap dalam berbahasa inggris ini mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan Strata 2 (S2) jurusan Petroleom and Mineral (Perminyakan dan Mineral) di King Fahd University Saudi Arabia.

Diungkapkan Dandi, sapaan anak dari pasangan Khoiri dan Yunis Abida kepada media ini jika beasiswa ia terima secara mandiri dengan mengunjungi situs resmi dari King Fahd University hingga ia dihubungi oleh pihak kampus untuk mengikuti seleksi beasiswa King Fahd University of Petroleum and Minerals Scholarship.

“Dapat informasi terkait beasiswa ini dari dosen pembimbing skripsi saya Pak Agus Astra Pramana. Di mana ia menyarankan saya untuk ikut progam beasiswa King Fahd University of Petroleum and Minerals Scholarship. Di sanalah saya mendaftar melalui website resminya King Fahd University hingga bisa lulus dan diterima,” ungkap alumni Universitas Pertamina Jakarta dengan IPK dengan predikat pujian yakni 3,71, Senin (7/12/2021).

Ditambahkan pemuda yang lahir di Desa Ujan Mas Baru, 12 Februari 1999 ini bahwa ia sangat bangga bisa menjadi bagian dari Universitas Pertamina.

Di mana ia bisa merasakan berbagai pengalaman hingga mengantarkan ia ke King Fahd University Saudi Arabia.

“Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari Universitas Pertamina Jakarta karena salah satu hal yang paling menyenangkan sekaligus melelahkan serta memberikan pengalaman hidup bagi saya hingga bisa melanjutkan S2 di King Fahd University. Dan di sinilah juga saya dituntut serta menanamkan dalam diri saya keinginan yang kuat untuk belajar lebih banyak tentang minyak bumi,” terangnya.

Ditambahkannya, sejak ia masuk Teknik Perminyakan di Universitas Pertamina yang ia juga dapatkan melalui beasiswa Pretasi ketika ia menamatkan diri di SMA Negeri Sumatera Selatan, bahwa ia terus berkeinginan untuk terus belajar hingga kelak akan mampu mendapat ilmu terkait dengan perminyakan dan mineral di King Fahd University.

“Di tahun pertama saya hingga kelulusan saya beberapa minggu yang lalu, impian saya dan semangat saya untuk melanjutkan pendidikan saya selalu berkobar seperti api yang semakin menyala akan rasa dari tanggung jawab untuk memenuhi ketahanan energi Indonesia sangat menginspirasi saya dan menguatkan saya memutuskan untuk mempelajari minyak bumi. Oleh karena itu saya ingin tampilkan tekad ini membantu saya untuk memahami tujuan dan kegunaan ilmu dalam teknik perminyakan, hingga yang paling saya sukai kelak adalah perpaduan dari inti keilmuan dengan kesejahteraan rakyat dapat tersatukan,” ujarnya.

Kemudian ia menceritakan bahwa sempat terkejut atas diterimanya ia menjadi salah satu bagian dari King Fahd University.

Karena hal itu tak pernah terbayangkan olehnya hingga bisa belajar di negeri orang dengan kemampuan ekonomi orang tua yang terbatas.

“Pengumuman tersebut sontak membuat stok air mata habis. Tepatnya pada tanggal 15 Oktober 2021
10 hari sebelum kelulusan di Universitas Pertamina, sebuah email yang mengubah permainan hidup tiba ke saya.
Perpaduan antara rasa syukur, kebahagiaan, dan kebanggaan sangat cocok dan memenuhi seluruh ruangan dalam rumah sederhana milik orang tua saya. Belum lagi pelukan hangat membuat suasana semakin emosional,
bentuk rasa syukur kami semua kepada Allah SWT. Alhamdulillah, doa saya untuk melanjutkan pendidikan di
negara impian telah diberikan di mana kesempatan untuk belajar ini juga dengan Program Beasiswa Penuh,” urainya.

Selanjutnya, Dandi berharap dengan ilmu yang ia dapat kelak akan mampu meningkatkan kebangkitan energi di Indonesia.

“Harapan terbesar saya adalah dapa memberikan yang terbaik akan kebangkitan energi di negeri kita ini. Hingga kelak dari ilmu yang saya dapat akan mampu menguatkan serta membangkitkan produktivitas energi perminyakan di bumi Pertiwi kita guna membawa kesajhteraan rakyat,” harapnya.

Terakhir, ia mengajak remaja dan anak-anak untuk terus bermimpi dan terus bermimpi untuk meraih pendidikan layak meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki.

“Mari kita terus bermimpi dan semangat untuk terus belajar dalam kondisi keterbatasan yang dimiliki. Namun, yakinlah kalau niat kita untuk kebaikan semua itu akan mampu kita raih. Sama seperti apa yang saya jalani saat ini tak terbayangkan akan bisa sekolah terus dengan beasiswa yang saya dapat sejak saya bersekolah hingga ke saat ini menajalni pendidikan S2 di King Fahd University,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.