Mantap! Dalam Sehari Team Puma Polsek Gelumbang Ungkap 3 Kasus Tindak Pidana

Alex Saputra, pelaku perampasan HP saat diamankan Tem Puma Polsek Gelumbang

Laporan : Syahrial Hadi

Muaraenim, Sumselupdate.com – Team Puma Polsek Gelumbang patut diacungi jempol. Pasalnya, dalam satu hari berhasil mengungkap tiga  kasus tindak pidana pembobolan rumah dan tindak pidana narkotika di wilayahnya, Selasa (2/8/2022).

Read More

Kapolsek Gelumbang, Iptu Rendy Novriady STK SIK, menjelaskan, hari ini pihaknya berhasil mengungkap tiga kasus yakni satu kasus narkoba dan dua kasus Curat, dan menetapkan empat orang tersangka dalam tiga perkara itu.

Adapun pada kasus pertama yakni kepemilikan narkotika, pihaknya mengamankan pelaku atas nama Umam Bin Maliki (39) warga Dusun II Desa Gumai Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim.

Kapolsek Gelumbang Iptu Rendy Novriady STK SIK, menjelaskan kronologi penangkapan pelaku berawal dari informasi masyarakat bahwa di Dusun II Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim, sering terjadi transaksi jual beli narkoba.

Selanjutnya Kapolsek Gelumbang memerintahkan Kanit Reskrim Iptu Guntur Iswahyudi SH, bersama Team Puma untuk melakukan penyelidikan terkait kebenaran informasi tersebut sehingga diperoleh informasi yang akurat dengan pelaku Umam (39).

Tersangka Umam Bin Maliki menunjukan barang bukti narkoba

 

Lalu pada Senin malam diketahui bahwa Umam (39) sedang berada di rumahnya yang terletak di Desa Gumai, lalu Team Puma Beserta Kanit Reskrim Polsek Gelumbang Iptu Guntur Iswahyudi SH, melakukan penangkapan dan penggeledahan terhadap Umam dan ditemukanlah barang bukti berupa 33 paket kecil dengan berat bruto 11 gram yang diduga narkotika jenis shabu dan empat paket kecil narkotika yang diakui miliknya.

Pelaku beserta barang bukti kemudian langsung dibawa ke Polsek Gelumbang guna penyelidikan lebih lanjut.

Selanjutnya, Polsek Gelumbang mengamankan pelaku pencurian dengan pemberatan alias curat yang terjadi di Desa Sigam Kecamatan Gelumbang, yakni atas nama Beli Amsah Bin Rijal (24) warga Desa Sigam Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim.

Berawal dari laporan korban atas nama Buya Basri Wahyudi, pada Rabu tanggal 27 Juli 2022, diketahui sekira pukul 13.00 Wib telah terjadi tindak pidana pencurian dengan pemberatan, yaitu rumahnya telah bobol pencuri, sehingga pelapor mengalami kehilangan barang-barang berupa satu unit mesin pompa air, satu unit speaker merek advance, satu unit magicom blender serta perabotan rumah tangga lainnya.

Kejadian tersebut bermula pada saat pelapor yang sedang berada di kota Jambi diberitahu oleh tetangganya Tasmin, bahwa rumah pelapor dimasuki oleh orang yang tidak dikenal dan ada beberapa barang yang telah hilang.

Tersangka kasus curat

 

Selanjutnya saat pelapor pulang ke rumahnya langsung mengecek barang apa saja yang telah hilang dan akibat kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian lebih kurang Rp 8 juta, kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Gelumbang.

Setelah mendapatkan laporan, Kapolsek Gelumbang, memerintahkan Kanit Reskrim bersama Team Puma untuk mengecek dan olah TKP, kemudian dilakukan penyelidikan dan keterangan para saksi, akhirnya diketahui pelaku pencurian tersebut. Pihaknya kemudian melakukan pencarian informasi keberadaan pelaku.

Setelah mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku curat itu, Team Puma Polsek Gelumbang yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Iptu Guntur Iswahyudi SH melakukan penyisiran dan pengejaran terhadap orang yang diduga pelaku pencurian Pemberatan tersebut dan didapatkan informasi, bahwa pelaku sedang berada di rumahnya Desa Sigam Kecamatan Gelumbang.

Selanjutnya pelaku atas nama Beli Amsah Bin Rijal (24) berhasil diamankan tanpa perlawanan, pelaku beserta barang bukti di bawa ke Polsek gelumbang guna pemeriksaan lebih lanjut.

Kasus curat berikutnya yaitu perampasan HP yang terjadi di Desa Gumai Kecamatan Gelumbang, dengan jumlah pelaku empat orang dan dua diantaranya sudah diamankan, Alex Saputra Bin Badaruddin (20) dan Debi Susanto Bin Nazaruddin (18) keduanya warga Lingkungan 1 Kelurahan Gelumbang, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim.

Dijelaskannya, kasus ini terjadi pada 21 Juli 2022 lalu, dengan korban Widiya Binti Nusa, warga Desa Kayuara Batu Kecamatan Muara Belida Kabupaten Muaraenim.

Peristiwa pencurian tersebut terjadi di lapangan bola kaki Desa Gumai Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim. Saat itu korban sedang asyik main HP miliknya tiba-tiba dirampas oleh dua orang pelaku yang datang dari arah samping kanan korban menggunakan sepeda motor Honda Geneo warna coklat dan langsung melarikan diri ke dalam hutan.

Akibat kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian lebih kurang sekitar Rp3,9 juta.

Setelah mendapat laporan, Kapolsek Gelumbang Iptu Rendy Novriady STK SIK, segera memerintahkan Kanit Reskrim Iptu Guntur Iswahyudi SH bersama Team Puma segera melakukan penyelidikan.

Setelah mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku pencurian dengan kekerasan, Kapolsek Gelumbang Iptu Rendy Novriady STK SIK, memerintahkan Team Puma Polsek Gelumbang dipimpin Kanit Reskrim Iptu Guntur Iswahyudi SH, untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

Lalu Team Puma melakukan penyisiran dan pengejaran terhadap orang yang diduga pelaku pencurian kekerasan tersebut, dan didapat informasi bahwa pelaku Alex Saputra sedang melintasi jalan umum di antara Desa Kartamulia dan Desa Payabakal kecamatan Gelumbang, menggunakan kendaraan Honda Genio miliknya.

Saat dilakukan penangkapan pelaku melakukan perlawanan hingga diberikan tembakan peringatan namun diabaikan oleh pelaku dan mencoba melarikan diri sehingga Team Puma memberikan tembakan tegas terukur ke arah kaki pelaku yang membuat pelaku tidak dapat melarikan diri.

Lalu pelaku beserta barang bukti berhasil diamankan dan dibawa ke RSUD Gelumbang untuk diobati.

Selanjutnya dilakukan introgasi terhadap pelaku atas nama Alex Saputra (20) bahwa ia melakukan pencurian kekerasan tersebut bersama tiga temanya bernama Debi (18), IN (22) dan BE (21) semuanya warga Desa Gumai Kecamatan Gelumbang,

Setelah mendapatkan keterangan dari Alex satu pelaku, lalu team Puma kembali melakukan penyelidikan sehingga didapati informasi pelaku atas nama Debi Susanto (18) sedang bekerja di toko bangunan.

Tim selanjutnya melakukan penangkapan terhadap pelaku Debi dan tanpa perlawanan.

Kedua pelaku beserta barang bukti tersebut dibawa dan diamankan di Polsek Gelumbang untuk ditindak lanjuti, sedangkan dua orang pelaku lainya IN dan BE masih dalam pengejaran.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.