Kiat Hilangkan Lemak Saat Tidur

Minggu, 24 Januari 2016
Hilangkan Lemak dengan Tidur Cukup

Palembang, Sumselupdate.com – Faktor kesibukan seringkali menjadi alasan bagi Anda untuk tidak berolahraga. Sementara setiap hari Anda tanpa sadar terus mengkonsumsi lemak. Akibatnya, akan terjadi penumpukan lemak di tubuh sehinga Anda pun merasa kurang percaya diri ketika tampil di depan umum.

Lantas, adakah cara untuk menghilangkan lemak di tengah tidak adanya waktu Anda untuk berolahraga? Jangan khawatir, berikut disajikan lima kiat menghilangkan lemak yang dapat Anda lakukan bahkan saat tidur sekalipun, seperti dilansir Reader’s Digest (22/1).

Bacaan Lainnya

1. Konsumsi Protein Sebelum Tidur

Studi dari Florida State University menunjukkan,  pria yang mengonsumsi 30 gram protein sebelum tidur ternyata mengalami pengeluaran energi  yang lebih tinggi di esok hari dibandingkan mereka yang tidak makan apa-apa sebelum tidur.

Kelebihan lain dari mengonsumsi protein, membantu memperbaiki otot selama semalaman. Semakin tinggi masa otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang Anda bakar saat istirahat.

2. Tidur dengan Gelap Gulita

Dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pineal Research, diketahui bahwa ketika berada di kegelapan lengkap, tubuh memproduksi hormon melatonin, yang tidak hanya membuat merasa mengantuk, tetapi dapat membantu dalam produksi lemak coklat pembakaran kalori. Karena itu, sebaiknya Anda menutup rapat-rapat jendela agar tidak ada cahaya yang masuk, serta padamkan televisi dan jam digital yang mengeluarkan sumber cahaya.

3. Suhu Dingin

Studi dalam jurnal Diabetes mengabarkan, tidur dalam suhu yang cukup dingin akan membantu membakar lebih banyak kalori dalam semalam. Orang yang tidur dalam temperatur 18 derajat Celsius akan membakar lebih dari tujuh persen kalori, ketimbang yang tidur di ruangan hangat.

Alasannya, tubuh dimungkinkan bekerja lebih keras untuk menaikan suhu inti agar stabil pada  37 derajat Celcius  untuk membakar kalori. Bisa saja nilai tujuh persen dianggap tidak terlalu banyak, tetapi itu setara dengan 100 kalori.

4. Matikan Semua Layar

Peneliti di Manchester University menemukan fakta bahwa  panjang gelombang biru muda, yang dipancarkan tablet dan smartphone, dapat mengganggu produksi tubuh menghasilkan melatonin. Efek dari hal itu adalah bisa mengganggu metabolisme. Untuk itu sebelum tidur, sebaiknya matikan semua perangkat elektronik di sekitar Anda.

5. Benar-benar Tidur

Kesempatan menikmati tidur sangat berefek bagi metabolisme tubuh. Mayo Clinic merekomendasikan dalam sehari tubuh perlu 7-8 jam tidur.

Sementara itu, sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa pengeluaran energi orang yang beristirahat dengan baik adalah lima persen lebih tinggi dari mereka yang kelelahan.  Selain itu, ketika tidur, akan terbakar 20 persen kalori lebih banyak. Kurang tidur juga membuat sel-sel lemak kurang sensitif terhadap insulin, sehingga perubahan metabolik dikaitkan dengan obesitas. (shn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.