Kecamatan Rupit Miliki Angka Kemiskinan Tertinggi di Muratara

Laporan : Marwan Ashari

Muratara, Sumselupdate.com Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) merupakan angka kemiskinam tertinggi dari 7 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Berselang Serundingan ini. Tercatat penduduk miskin di wilayah pusat  Ibukota Kabupaten ini 16.383 jiwa.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin di Dinas Sosial Kabupaten Musi Rawas Utara, Cikya, menerangkan setelah Rupit, Kecamatan Karang Jaya 12.787 jiwa, Kecamatan Rawas Ilir 9.216 jiwa, Kecamatan Nibung 8.662 jiwa, Kecamatan Rawas Ulu 8.469 jiwa, Kecamatan Ulu Rawas 5.400 jiwa, dan Kecamatan Karang Dapo 4.603 jiwa.

Dijelaskannya berdasarkan data-data tersebut angka kemiskinan di Kabupaten Muratara  terus meningkat. Tahun 2019 angka kemiskinan di Kabupaten Muratara tercatat  63.783 jiwa.

Jumlah tersebut mengalami di tahun 2020 mencapai  64.520 jiwa. Dan tahun 2021  naik menjadi 65.520 jiwa.

Dengan meningkatnya angka kemiskinan di Kabupaten Muratara menjadikan Muratara Kabupaten Termiskin jika dibandingkan dengan kabupaten dan kota Di Provinsi Sumatera Selatan saat ini.

Dikatakannya saat ini pihak Dinsos akan berupaya untuk menekan angka kemiskinan di Muratara dengan berbagai program seperti Kube E Warung PKH, Kube Reguler dan Kube  Perorangan (UEP).

“Kita berharap dengan di luncurkannya berbagai program tersebut masyarakat dapat mengelola usaha secara mandiri maupun kelompok sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan di Kabupaten Musi Rawas Utara,” pungkasnya, Senin (22/2/2021). (**)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.