Balon Kades Diuji Penguatan Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan

Seorang balon kades saat menjalani tes Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan.

Laporan: Marwan Ashari

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) dari 13 desa dalam wilayah Kecamatan Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) diuji tes Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan. Balon kades yang mengikuti test tersebut sebanyak 36 orang, dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Muara Kelingi, Senin (22/2/2021).

Kaban Kesbangpol Mura, Amra Muslimin, mengatakan bahwa hasil tes diumumkan dua hari setelah tes dilaksanakan. Dikatakan hasil yang diberikan kepada balon tidak dikatakan memenuhi syarat atau tidak memenuhi. Cuma dibuat sudah mengikuti. Nilainya ada di kita (Kesbangpol)

“Ini terobosan kita untuk merevalitasi, mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila,” paparnya.

Ditanya apakah hasil tes tidak mutlak balon kades lolos atau tidak? Dia mengatakan cuma diberitahu bahwa balon kades sudah mengikuti tes penguatan mental dan wawasan kebangsaan.

“Mungkin jadi pertimbangan. Balon kades paling banyak lima calon. Kalau calon lebih dari lima harus lebih diseleks. Sebab harus lima. Inilah salah satu penilaian. Dan dibuatkan perangkingan masing-masing desa,” paparnya.

Masih katanya, 36 balon kades yang mengikuti Penguatan Mental Ideologi dan Wawasan Kebangsaan dari 13 desa. Rinciannya Desa Suka Menang, Desa Beliti Jaya, Desa Binjai, Desa Mandi Aur, Desa Karya Sakti. Kemudian Desa Petrans Jaya, Desa Bingin Jungut, Desa Tugu Sempurna, Desa Karya Mukti, Desa Temuan Sari. Selanjutnya, Desa Karya Teladan, Desa Temuan Jaya, Desa Tanjung. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.