Kampung Al Munawar Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 27 Februari 2016
Suasana kegiatan sadar pariwisata dan Sapta Pesona, Sabtu (27/2) di Kampung Arab , Al Munawar 13 Ulu Palembang.

Palembang, Sumselupdate.com – Kementerian Pariwisata dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel menggelar kegiatan sadar pariwisata dan Sapta Pesona, Sabtu (27/2) di Kampung Arab, Al Munawar, Kelurahan  13 Ulu Palembang.

Pengamatan di lokasi hal yang dilakukan mulai dari melakukan pembersihan di kawasan 13 Ulu Palembang dari sungai hingga pemukiman warga karena tempat ini memang dijadikan lokasi para turis untuk menyaksikan GMT di Palembang. Rencananya ada 12 negara yang hadir ke Palembang.

Bacaan Lainnya

Tampak hadir Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi Dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, Dra Oneng Setya Harini, MM, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, dinas dan instansi terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama, pelaku wisata di Sumsel.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan,  Pemprov Sumsel sinergi dengan Pemkot Palembang dalam hal membangun pariwisata.

Tahun ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengembangkan sebanyak 5 titik wisata di Kota Palembang.

Kelima kawasan tersebut terdiri dari daerah 1 Ulu, 10 Ulu, 13 Ulu, Kapitan, dan 3-5 Ulu Palembang.

Menurut Irene Camelyn sebanyak 28 titik pariwisata yang ada di sepanjang Sungai Musi . Namun pihaknya akan mengembangkan sebanyak lima titik saja. Yang disetujui Walikota Palembang.

“Kita mulai sinergi dengan pemerintah kota membuat program destinasi wisata,” ujar Irene.

Untuk kampung Al Munawar bukan hanya orang-orangnya yang ganteng dan cantik-cantik , namun budayanya, kopinya , dan tata cara makan serta makannya yang enak.

Sedangkan Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi Dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia , Dra Oneng Setya Harini MM menilai kalau kampung Al Munawar layak menjadi kampung atau desa wisata.

“Untuk membangun destinasi ada enam pilar, perwilayahan, kalau destinasi kita di Al Munawar bagaimana buat perwilayahannya sehingga destinasi Al Munawar menjadi jelas, kalau mendapatkan sumbangan untuk membangu sudah jelas wilayahnya, lalu membangun daya tarik pariwisatanya di Al Munawar ini ini menjadi destaninya, saya kira bagaimana kita membuat daya tarik di Al Munawar, “ katanya.

Selain itu harus ada infrastruktur dengan melibatkan instansi lain dan masyarakat bertanggungjawab dalam membangun pariwisata.(erk)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.