Kalahkan Athletic Bilbao, Real Sociedad Juara Copa Del Rey 2019/20

Para pemain Sociedad merayakan gelar Copa Del Rey. Foto: Getty Images/Fran Santiago

Sevilla, Sumselupdate.com – Real Sociedad berhasil memenangi Copa Del Rey 2019/20. David Silva dkk menyandang status juara usai mengalahkan rival mereka, Athletic Bilbao, dengan skor 1-0.

Laga Bilbao vs Sociedad yang digelar di Estadio de La Cartuja, Sevilla, Minggu (4/4/2021) dini hari WIB merupakan laga final yang seharusnya dimainkan April tahun lalu, namun tertunda karena COVID-19.

Bacaan Lainnya

Kedua tim saat itu sepakat untuk memundurkan jadwal karena berharap pandemi sudah bisa diatasi. Dengan begitu, laga final bertajuk derby Basque ini bisa digelar di hadapan para suporter.

Namun rupanya pandemi COVID-19 di dunia belum berakhir sampai saat ini, termasuk di Spanyol. Sehingga, laga ini tetap digelar tanpa penonton. Meski begitu, laga ini tetap berlangsung ketat.

Meski Bilbao kalah penguasaan bola (43% berbanding 57%), namun Iker Muniain dkk mampu mencatatkan dua sepakan ke gawang, berbanding satu milik Sociedad. Ironis bagi Bilbao, satu shot on goal dari Sociedad sudah cukup mengantar mereka juara.

Di menit ke-58, Sociedad mendapat penalti usai Inigo Martinez melanggar Cristian Portu. Martinez sempat mendapat kartu merah, namun wasit mengubahnya menjadi kartu kuning usai mengecek Video Assistant Referee (VAR).

Meski begitu, penalti tetap diberikan. Mikel Oyarzabal yang maju sebagai penendang sukses menaklukkan Unai Simon. Skor 1-0 itu bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini amat disambut publik Sociedad. Tak hanya karena memenangi derby Basque di ajang prestisius, namun juga mengakhiri dahaga trofi yang sudah berlangsung 34 tahun lamanya. Sebelumnya, trofi terakhir yang masuk lemari klub adalah Copa Del Rey di tahun 1987.

Sementara bagi Bilbao, kekalahan ini memupus impian mereka untuk meraih dua Copa Del Rey sekaligus. Diketahui, mereka juga lolos ke final Copa Del Rey 2020/21 menghadapi Barcelona, yang akan digelar seusai jadwal pada 17 April mendatang.

Susunan pemain

Athletic Bilbao: Unai Simon, De Marcos, Yeray, Inigo Martinez, Yuri (Capa 90+3′), Berenguer (Villalibre 76′), Vencedor (U. Lopez 68′), D. Garcia (Vesga 76′), Muniain, R. Garcia, Williams.

Real Sociedad: Remiro, Gorosabel (Elustondo 90+3′), Zubeldia, Le Normand, Monreal, D. Silva (Guevara 85′), Zubimendi, Merino, Portu (Barrenetxea 89′), Isak (C. Fernandez 89′), Oyarzabal.(dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.