Kades Terduga Dalang Pembunuhan Sekurity PT Lonsum Divonis Bebas

Palembang, Sumselupdate.com – Majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang memutuskan vonis bebas terhadap terdakwa Risansi Gumai alias Angguk (47), Kepala Desa Suka Makmur yang dituduh mendalangi peristiwa yang menewaskan security PT Lonsum, Ristal Alam (28).

Dalam peristiwa yang terjadi kebun milik warga dalam bentrok sengketa lahan di Desa Suka Makmur SP3 Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat pada 21 September 2018 silam.

Bacaan Lainnya

Dalam amar putusannya, majelis hakim yang dipimpin Joko Sungkowo menolak seluruh dakwaan JPU Kastam dan menyatakan bahwa terdakwa tidak terbukti menjadi otak dari pelaku pembunuhan terhadap korban dan membebaskannya dari segala tuntutan hukum sekaligus membebankan biaya perkara kepada penuntut umum.

Mendengar putusan bebas itu, terdakwa Risansi langsung berucap syukur. Seperti yang disampaikan kuasa hukumnya, Jilun dan Dody Satriady yang menyatakan keyakinan sejak awal jika kliennya memang sama sekali tidak ada kaitan dengan kasus pembunuhan ini.

“Alhamdulillah persidangan tahap demi tahap telah dilaksanakan dengan putusan akhir klien kami bebas karena memang tidak ada kaitan dengan kasus pembunuhan terhadap korban Ristal Alam,” ucap Jilun ditemui usai persidangan, Kamis (25/4).

Dikatakannya, pasca vonia bebas ini keluarga Risansi sudah tidak sabar untuk menjemputnya pulang dengan berkumpul di ruang tunggu Pengadilan Negeri Palembang dalam pengurusan kepulangan Risansi.

“Beberapa kerabatnya sudah dihubungi terkait vonis bebas ini dan akan sesegera mungkin mengurus pembebasannya,” sebut Dodi.

Sementara itu, JPU Kastam langsung menyatakan akan menempuh upaya hukum kasasi atas putusan bebas tersebut. “Kita kasasi dan akan segera mempersiapkan berkasnya. Kita tetap berkeyakinan bahwa terdakwa merupakan otak dari kasus pembunuhan ini,” imbuh Kastam.

Sebagaimana terungkap dalam dakwaan JPU, pada 21 September 2018 silam terjadi keributan yang berakhir bentrok di perkebunan sawit Kencana Sari Estate PT Lonsum Desa SP III Palembaja Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat.

Akibat bentrok tersebut mengakibatkan seorang security Pt Lonsum mereganh nyawa setelah dibacok di leher kanan dan bagian pinggul oleh tiga orang pelaku atas nama Najamudin, Herliansyah dan Yandri yang masing-masing telah diganjar hukuman penjara selama 20 tahun. (tra)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.