Jokowi: PON Momentum Menggerakkan Olahraga

Logo PON XIX Jawa Barat

Bandung, Sumselupdate.com  – Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat resmi dibuka. Joko Widodo berpesan agar para juara PON siap jadi andalan di ajang internasional.

Pesta pembukaan PON ke-19 dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (17/9/2016). Jokowi membuka secara resmi dengan menekan sirene setelah memberikan sambutan singkat.

Bacaan Lainnya

“Para juara PON ini akan menjadi andalan dalam menghadapi SEA Games 2017 di Kuala Lumpur dan saat Asian Games 2018 nanti,” kata Jokowi dalam pidato sambutan seperti dikutip detikcom.

“PON menjadi momentum menggerakkan olahraga. Kompetisi harus dimulai dari kampung-kampung, dari desa-desa, dari kecamatan-kecamatan dari kabupaten dan kota, juga seluruh provinsi di tanah air.

“Semua harus bergerak sehingga banyak bibit olahragawan. Selain itu agar muncul mental berkompetisi dan masyarakat dengan mental pemenang,” ucap Jokowi.

Sementara itu,  pantauan Antara, Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan kemeja seragam PON XIX dan Peparnas XV berwarna biru dengan kain batik di bagian dada atas.

Pembukaan yang dimulai pada sekitar pukil 19.30 WIB itu dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu, Presiden menyaksikan pesta kembang api warna warni dengan latar bulan purnama di angkasa yang cerah.

Kemeriahan pembukaan juga ditampilkan oleh ratusan anak yang memperagakan seni musik “tatalu” dengan menggunakan stik dengan LED menyala berwarna-warni.

Usai tatalu, Presiden dan pengunjung GBLA juga menyaksikan defile kontingen atlet-atlet peserta PON XIX dan Peparnas XV.

Mulai dari Provinsi Aceh hingga Papua turut dalam defile dengan membawakan karakter seni masing-masing.

Usai melakukan defile di depan podium presiden, kumpulan para atlit berbaris di tengah lapangan GBLA untuk mengikuti prosesi pembukaan.

Para penonton yang hadir larut dalam kemeriahan dengan beberapa diantaranya menyalakan lampu flash dari kamera telepon selularnya.

Presiden Joko Widodo direncanakan memberi sambutan pembukaan pada akhir acara.

Sebelumnya, pada Sabtu siang Jokowi mengatakan perhelatan PON dapat menjadi tempat binaan bagi atlet-atlet Indonesia untuk mencapai tingkat kompetisi olah raga yang lebih tinggi di tataran global.

PON XIX tersebut diharapkan Presiden melahirkan atlet-atlet terbaik di berbagai cabang olah raga.

Dalam acara itu, Kepala Negara didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

PON yang diikuti 34 provinsi itu akan dihelat sampai tanggal 29 September. Ada 46 cabang olahraga yang dipertandingan dengan 705 nomor yang dilombakan. Untuk sementara, Jabar sudah unggul jauh dalam persaingan medali. (hyd)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.