Jepang Lolos dan Senegal Tereliminasi karena Fair Play

Pemain Timnas Jepang

Jakarta, Sumselupdate.com – Jepang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 mengungguli Senegal. Hanya kartu kuning yang menjadi pembeda kedua tim tersebut.

Jepang lolos ke babak 16 besar meski kalah 0-1 dari Polandia di Volgograd Arena, Kamis (28/6/2018) malam WIB. Samurai Blue menjadi runner-up Grup H dengan empat poin, dua poin di belakang Kolombia.

Read More

Jepang sebenarnya punya poin yang sama dengan Senegal di posisi tiga, yang di matchday ketiga tumbang 0-1 dari Kolombia. Keduanya bahkan seimbang sampai ke selisih gol, produktivitas gol, dan head to head.

Selain berimbang 2-2 saat bertemu, Jepang dan Senegal sama-sama punya selisih gol 0 dan membuat empat gol dalam tiga pertandingan. Alhasil, penentuannya ditentukan lewat catatan fair play.

Jepang berhak jadi runner-up karena punya kartu kuning lebih sedikit, yakni empat berbanding enam milik Senegal. Ini jadi pertama kali di Piala Dunia bahwa kelolosan dan eliminasi ditentukan oleh fair play.

Maka Jepang jadi tim yang pertama lolos karena aturan tersebut, sementara Senegal juga jadi tim yang pertama tersingkir karenanya.

Jepang dan Kolombia selanjutnya akan menghadapi Inggris dan Belgia dari Grup G. Jepang akan menghadapi tim yang jadi juara grup tersebut, sementara Kolombia melawan tim runner-up. (adm3/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.