Jaga Kelestarian Sungai, Tim KKP Melakukan Pembersihan Sungai Rawas

Bersih-bersih Sungai

Muratara, Sumselupdate.com – Untuk menjaga kelestarian dan kebersihan Sungai Rawas tim yang terdiri dari Kantor Kebersihan dan Pertamanan (KKP) bersama dengan anggota Tagana dari Dinas Sosial (Dinsos) melakukan pembersihan sungai dengan membuang kayu-kayu yang dianggap menganggu padangan mata. Tim tersebut melakukan pembuangan kayu yang ada di tiang jembatan Rupit, Kamis (14/7).

Kepala KKP Muratara Hj Herawati mengungkapkan pihaknya diperbantukan oleh anggota Tagana melakukan pembersihan Sungai Rawas, karena selama ini sungai tersebut terlihat kotor dan tidak terawat.

Bacaan Lainnya

Apalagi saat ini memasuki musim kemarau tentunya potongan-potongan kayu yang hanyut dari hulu sungai Rupit dan sungai Rawas.

“Kegiatan ini dilakukan beberapa hari mengingat banyak sekali kayu-kayu yang tertumpuk di tiang Jembatan Rupit. Jika ini tidak dibersihkan tentunya akan merusak pemandangan dan juga malu dilihat orang dari luar dari, takutnya nanti dinilai orang Muratara jorok, ” ungkapnya.

Dijelaskan Herawati sebenarnya ini program pihaknya, namun melibatkan Dinsos dan Satpol-PP. Akan tetapi sayangnya tidak ada satupun utusan dari Satpol-PP untuk memperbantu melakukan pembersihan sungai.

“Ini adalah program kita untuk membersihkan sungai dan mengajak dua instansi Dinsos serta Satpol-PP, namun hanya datang Dinsos sedangkan Satpol-PP tidak ada,” jelasnya.

Ia menambahkan pihaknya merasa peduli lingkungan sungai, jika bersih tentunya indah dilihat. Selain itu juga mengingat masyarakat Rupit khususnya masih banyak mengkonsumsi air sungai, dengan begitu bisa mendapatkan air yang bersih.

“Kita ingin menjaga lingkungan sungai dan membuatnya indah dilihat serta masyarakat juga bisa menikmati air bersih,” tuturnya.

Menurutnya sampah-sampah yang ada ini berasal dari dua muara yakni Sungai Rupit dan Sungai Rawas saat air pasang kayu-kayu ini hanyut dan menumpuk di tiang jembatan, jika tidak dibersihkan tentunya akan bertambah banyak.

Selanjutnya ia mengajak masyarakat akan menjaga kebersihan baik didarat ataupun disungai untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita mengajak masyarakat agar menjaga kebersihan baik didarat ataupun diair supaya tidak membuang sampah sembarangan, “ajaknya.

Lanjutnya ke depan setelah sungai ini dibersihkan akan mengadakan perlombaan bebek di dalam air.

“Nanti kita akan mengadakan perlombaan menangkap bebek di air dan perlombaan terbuka untuk umum,” bebernya.

Terpisah Wakil Bupati Muratara H Devi Suhartoni mengatakan sangat mengepresiasi kegiatan yang dilakukan oleh KKP dan tim, karena kebersihan itu sangatlah penting dengan begitu tentunya pemandangan akan menjadi indah.

“Sangat mendukung sekali kegiatan ini, karena bisa menciptakan keindahan sungai,” katanya. (Ain)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.