Isu Pungli Penerimaan Siswa Baru Mengemuka, Ini Tanggapan Kadisdik Palembang

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Julinto memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela kegiatan rapat kerja daerah PGRI, Jumat (12/07/2018).

Palembang, Sumselupdate.com – Isu pungutan liar (pungli) dalam proses penerimaan siswa baru pada calon siswa SD dan SMP di Kota Palembang, mengemuka.

Isu yang kian berkembang di tengah masyarakat ini pun akhirnya sampai di telinga Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Julinto, SPd, MM.

Read More

Dalam kegiatan rapat kerja daerah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Jumat (12/07/2018), Ahmad Julinto menegaskan, tidak ada iuran dalam bentuk apapun kepada seluruh siswa.

Jika ditemukan hal seperti itu, dia meminta agar orangtua siswa melaporkan kepada pihak Disdik Kota Palembang agar dapat ditindak secara tegas.

Dalam kesempatan tersebut, Zulinto mengatakan, Palembang merupakan salah satu kota di Indonesia yang cukup berhasil dalam menerapkan sistem zona dalam penerimaan siswa sekolah baik SD atau pun SMP.

“Ada yang perlu diperhatikan tentang sistem zona ini, banyak yang salah persepsi mulai dari jumlah dan wilayah. Seperti contoh kasus ada salah satu sekolah dasar yang salah menanggapi soal sistem zona karena seluruh siswa yang lulus dari SD tersebut diarahkan pada salah satu SMP di dekat sekolah tersebut. Yang benar adalah siswa yang asli beralamatkan dan bertempat tinggal di dekat SMP,” Jelas Zulinto.

Saat disinggung soal jumlah siswa yang dapat diterima dengan sistem zona, Zulinto mengemukakan, kuota untuk sistem zona itu 30 Persen adalah penduduk asli dan beralamatkan di sekitar sekolah negeri yang dituju atau sesuai jarak maksimal yang telah ditentukan.

Nah, barulah sisanya untuk yang melalui jalur mandiri dengan mengikuti ujian secara umum dengan seleksi nilai akhir sekolah.

“Sistem zona diterapkan agar dapat dinikmati putra bangsa, supaya tidak ada lagi yang putus sekolah, Jadi jangan segan-segan melaporkan kepada pihak kami untuk dapat diambil tindakan tegas,” ujar Zulinto. (syd)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.