Harga Tembus Jutaan, Kaktus Jadi Incaran saat Pandemi Covid-19

Tanaman kaktus kini banyak diburu orang di masa Pandemi Covid-19

Palembang, Sumselupdate.com – Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat Kota Palembang stay at home. Untuk mengisi waktu luang, saat ini kebanyakan orang memulai hobi baru yaitu merawat dan menanam bunga di teras rumah.

Terutama saat ini sedang booming tanaman bunga seperti monstera, aglonema juga kaktus. Para penjual bunga kini menjamur di setiap sudut Kota Palembang. Bahkan, pedagang pun mengaku kebanjiran pesanan dan omset meningkat.

Bacaan Lainnya

Salah satu pedagang yang menawarkan koleksi beragam bunga baik kaktus maupun aglonema yakni Green House/ Kampung Kaktus milik Fitri Dwi Juniarny (34) di Jalan Jepang KM 11, Alang-Alang Lebar (AAL). Di tempat ini, didominasi oleh ratusan kaktus yang terdiri dari 50 jenis.

Jenis kaktus yang dijual dia ntara seperti mamilaria Rp200 ribu, gymno thailand Rp150 ribu, gymno korea Rp1,5 juta, ecinopsis rumpun besar Rp3,5 juta. “Harga dilihat dari tingkat kesulitan berkembang biak dan rumpun kaktus, semakin banyak semakin mahal. Tapi kita jual mulai dari harga Rp35 ribu,” katanya.

Koleksi tanaman kaktus yang dijual di Kampung Kaktus

Nah, bagi peminat Kaktus, menanam dan merawatnya sangat mudah dan tidak sesulit merawat Aglonema. Kaktus ditanam menggunakan media campuran pasir malang, sekam bakar dan kompos.

Cara merawatnya pun tidak begitu sulit. Kaktus harus mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup. Penyiraman dilakukan saat media kering, ganti media enam bulan sekali. Kemudian beri pupuk dekastar (pupuk tabur). Semprot fungisida untuk mencegah jamur.

“Budidaya kaktus ini saya tekuni sejak 2011 tapi kalau untuk jualan kaktus dan tanaman lainnya itu baru jalan 3 tahun. Alhamdulillah sejak banyak yang hobi sama bunga, omset naik 100-200 persen,” kata ibu empat orang anak ini.

Penjualan Kkktus dan tanaman hias yang ia punya ini biasanya ia jajakan melalui media sosial Instagram: @kampung_kaktus_palembang.

Koleksi tanaman kaktus di Kampung Kaktus

Salah satu pembeli yang sengaja datang dari Lemabang, Tuti Utami Arizona mengatakan, awalnya ia tidak begitu menyukai menanam bunga. Namun sejak pandemi ini, menanam bunga menjadi kegiatan lain selain booming bersepeda.

“Saya mulai suka menata bunga di teras rumah, seperti aglonema dan bunga lainnya. Kemudian saya lihat di sini kaktusnya banyak pilihan dan cara merawatnya pun sangat mudah,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.