Hak Jawab Pemberitaan ‘Warga Pagaralam Keluhkan Pembelian BBM Dengan Jeriken, Ini Kata YLKI’

Berikut merupakan hak jawab yang diberikan PT. Sriwijaya Bangun Persada selaku Manajemen SPBU CODO 23.315.19 atas berita yang telah dimuat di Sumselupdate.com dengan judul ‘Warga Pagaralam Keluhkan Pembelian BBM Dengan Jeriken, Ini Kata YLKI’ url https://sumselupdate.com/warga-pagaralam-keluhkan-pembelian-bbm-dengan-derigen-ini-kata-ylki/ yang tayang pada Kamis, 11 Februari 2021.

Sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, serta Kode Etik Jurnalistik, maka kami muat hak jawab atas pemberitaan tersebut di atas.

Pagar Alam, 13 Februari 2021

Nomor : 001/PT.SBP/11/2021

Perihal: Hak Jawab

Kepada Yth.

Pemimpin Redaksi sumselupdate.com

Di Palembang

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan pemberitaan pada situs sumselupdate.com dengan judul “Warga Pagaralam keluhkan pembelian dengan jeriken, ini kata YLKI” Reporter Novrico Saputra dan Editor Rizal yang dipublikasikan pada tanggal 11 Februari 2021 yang menyebut nama SPBU yang ada di Air Perikan Kecamatan Pagar Alam Selatan, sebagaimana lokasi yang disebutkan SPBU CODO 23.315.19, bersama ini kami perlu menyampaikan hak jawab atas berita tersebut :

  1. Bahwa sebelum disiarkannya pemberitaan, pihak Manajemen SPBU CODO 23.315.19 tidak pernah dihubungi untuk klarifikasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemberitaan diatas tersebut.
  2. Bahwa sumselupdate.com dengan tidak profesional melanggar prinsip cover both side atau pemberitaan yang berat sebelah.
  3. Bahwa pemberitaan sumselupdate.com tidak benar dan tendensius.
  4. Sebagaimana telah diatur oleh Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 191 Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Bahan Bakar Minyak, kami telah menjalankan sebaik-baiknya sebagaimana diatur dalam 2 Peraturan Presiden tersebut. Kami tidak pernah sama sekali menjual Bahan Bakar Minyak bersubsidi menggunakan jeriken.
  5. Bahwa kami dalam menjalankan usaha selalu mantaati dan menjalankan segala peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah dan PT. Pertamina (Persero).

Pemberitaan ini berkaitan negative bagi SPBU CODO 23.315.19 karena merusak nama baik dan integritas perusahaan kami dalam menjalankan usaha.

Oleh karena itu, kami meminta kepada sumselupdate.com untuk melakukan klarifikasi sehubungan dengan pemberitaan tersebut dalam waktu paling lama 1 x 24 jam terhitung sejak tanggal surat ini diterima. Hal ini sebagai bentuk untuk melayani Hak Jawab sebagaimana diatur dalam Undang- Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers (UU Pers) dan Kode Etik Jurnalistik (Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/SK-DP/2006).

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

DRS. H. Joni Siddik, MM,MH

Direktur Utama

Catatan Redaksi: Atas nama Redaksi Sumselupdate.com, kami menyampaikan permohonan maaf kepada PT. Sriwijaya Bangun Persada selaku Manajemen SPBU CODO 23.315.19 atas pemberitaan yang tidak berimbang tersebut. Hal ini akan kami jadikan masukkan bagi Redaksional dan Manajemen Sumselupdate.com.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.